Komentar Pembaca

Akibat Peradangan pada Batang Penis

oleh Arnold Arnold Luc Sentosa (2019-07-29)


Akibat Peradangan pada Batang Penis? [Telp: 081366657878]. Alat kelamin pada pria dapat mengalami berbagai macam penyakit atau bahkan mengalami peradangan. Akibat peradangan pada batang penis dibiarkan, tidak jarang akan menimbulkan komplikasi jika tidak segera ditangani. Peradangan pada alat kelamin khususnya batang penis bisa terjadi karena kehidupan seksualnya.

Apa yang menjadi penyebab peradangan pada batang penis dan apa akibat peradangan pada batang penis jika tidak mendapatkan pengobatan yang tepat? Alat kemaluan pada pria dapat mengalami gangguan dengan berbagai macam. Gangguan alat kelamin pria yang paling terkenal kemungkinan adalah masalah impotensi atau ejakulasi dini berkaitan erat dengan masalah seksual.

Peradangan pada penis atau disebut dengan penyakit balanitis. Balanitis adalah peradangan yang terjadi di kepala penis, kondisi ini sering terjadi pada pria yang tidak disunat. Akibat peradangan pada batang penis ini akan menimbulkan gejala seperti penis memerah, sakit, bengkak, mengeluarkan bau yang tidak sedap, dan nyeri ketika buang air kecil.

Memang, penyakit balanitis ini bukanlah penyakit yang serius, dan pengobatan yang dilakukan dengan tepat mudah diatasi hingga sembuh total. Pria khususnya yang tidak disunat akan meningkatkan penyakit balanitis. Namun, jika kondisi ini tidak diatasi dengan benar maka akibat peradangan pada batang penis akan muncul dan terasa menyakitkan.

Penyebab penyakit balanitis

Balanitis atau peradangan pada penis dapat terjadi karena faktor kebersihan yang kurang baik pada area penis. Akibatnya, area ini rentan untuk mengalami infeksi, berupa;

• Infeksi jamur.

• Infeksi bakteri berkembang biak pada bagian bawah kulup penis (penis yang tidak sunat).

• Penyakit menular seksual (PMS), yakni klamidia, herpes simpleks, atau sifilis.

Balanitis juga dapat disebabkan kelainan kulit pada penis, seperti:

• Eksim (dermatitis atopik), kelainan kulit akibat alergi ditandai dengan kulit kering, gatal, dan kemerahan.

• Psoriasis, kelainan autoimun pada kulit ditandai dengan kulit kering serta kerak kulit yang tebal.

• Dermatitis kontak, peradangan kulit akibat dari paparan zat kimia, seperti kondom, dan penggunaan sabun.

Seseorang yang berisiko mengalami peradangan pada penis atau balanitis adalah;

• Diabetes, jika kadar gula darah tidak terkontrol. Kadar gula tinggi pada air seni penderita penyakit balanitis dapat menyebabkan bakteri pada penis berkembang dengan cepat, dan menimbulkan iritasi.

• Fimosis, kondisi kulup penis terlalu ketat, menyebabkan kulup penis tidak dapat ditarik kebelakang.

• Pria yang tidak disunat yang tidak membersihkan smegma (kotoran) di bawah kulup penis.

Baca: BISAKAH BALANITIS SEMBUH SENDIRI?

Gejala dan pencegahan balanitis

Gejala balanitis akan muncul berupa:

• Kemerahan, bengkak di kepala penis.
• Penis berbau tidak sedap.
• Gatal atau perih pada penis.
• Nyeri ketika buang air kecil.

Saat gejala ini muncul sebaiknya untuk segera melakukan pemeriksaan untuk mengatasi penyakit balanitis. Pengobatan sejak dini akan membantu mempercepat proses penyembuhan dan menghindari terjadinya bahaya akibat peradangan pada kepala penis. Jika diatasi sejak awal gejala muncul kondisi ini dapat diatasi hingga sembuh total.

Untuk mencegah kondisi penyakit balanitis, sebaiknya untuk senantiasa membersihkan kulup dan tetap dalam keadaan kering.

Diagnosis dan pengobatan

Untuk memastikan penyakit ini, pada umumnya dokter akan memeriksa keadaan penis untuk menentukan tindakan pengobatan penyakit balanitis yang sesuai dengan penyebabnya.

Jika balanitis disebabkan jamur, pengobatan akan dilakukan sesuai dengan penyebabnya yaitu dengan membasmi jamur sebagai penyebab. Kondisi tertentu pada kulit, seperti eksim, psoriasis juga akan membutuhkan serangkaian pengobatan. Jika balanitis terjadi berulang, maka sirkumsisi (sunat) penting untuk dilakukan.

Konsultasikan keluhan Anda pada Klinik Utama Sentosa

Mengalami peradangan pada penis dan belum disunat? Peradangan terjadi secara berulang? Sudah saatnya Anda untuk mengunjungi Klinik Utama Sentosa untuk mengatasi penyakit balanitis Anda hingga tuntas. Klinik Utama Sentosa adalah klinik khusus menangani penyakit kulit kelamin. Anda tidak perlu khawatir, disini Anda ditangani langsung oleh dokter ahli kelamin yang sudah banyak menangani kasus balanitis. Tindakan dan metode sunat terbaru, tidak sakit dan tidak menimbulkan efek samping, didukung peralatan medis modern yang canggih Anda temukan hanya di Klinik Utama Sentosa. Kami memberikan perawatan medis prima yang aman, cepat dan tepat serta akurat hingga tuntas, dengan biaya terjangkau.

Untuk informasi lebih lanjut terkait akibat peradangan pada batang penis pria, silahkan klik website kami untuk konsultasi langsung, atau hubungi kami di 081366657878.

Mengenal Apa Itu Penyakit Balanitis?

Simak, Bahaya Penyakit Balanitis

Original post: https://www.klinikutamasentosa.net/balanitis/akibat-peradangan-pada-batang-penis.html

Klinik Utama Sentosa Jakarta Utara: https://www.klinikutamasentosa.net/

Kunjungi: https://www.klinikutamasentosa.net/balanitis/