Komentar Pembaca

Makanan Penyubur Kandungan

oleh Nafisha Shareen Arissa (2018-12-14)


Anda tahu bahwa seks mengarah pada kehamilan, tetapi seberapa cepat setelah berhubungan seks, apakah Anda benar-benar hamil? Pembuahan mungkin terjadi segera setelah tiga menit setelah hubungan seksual, atau mungkin memerlukan waktu hingga lima hari. Implantasi terjadi lima hingga 10 hari setelah pembuahan, yang berarti di mana saja dari lima hingga 15 hari setelah Anda melakukan hubungan seks. Gejala kehamilan dapat dimulai sedini seminggu setelah Anda melakukan hubungan seks atau mungkin membutuhkan beberapa minggu untuk memulai. Beberapa wanita tidak pernah mendapatkan gejala awal kehamilan yang nyata.


Jadi, pemupukan dapat terjadi dalam beberapa menit dari seks ... tetapi juga mungkin untuk melakukan hubungan seksual pada hari Selasa dan tidak hamil sampai hari Jumat!

Mungkinkah berbaring setelah berhubungan seks membantu Anda hamil lebih cepat? Sepertinya itu masuk akal. Sperma perlu berenang melalui sistem reproduksi. Mungkin lebih mudah bagi mereka untuk melakukan perjalanan jika mereka tidak harus berenang - dan hanya bisa berenang secara horizontal. Namun, semuanya sedikit lebih rumit dari itu.

Seberapa Segera Setelah Hubungan Seksual yang Anda Sadari?
Anda mungkin berpikir bahwa waktu antara seks dan konsepsi hanyalah jumlah waktu yang diperlukan sperma untuk berenang ke telur. Namun, seberapa cepat berenang sperma tidak bisa sepenuhnya menjawab pertanyaan itu.

Studi menemukan bahwa sperma mengambil antara dua dan 10 menit untuk melakukan perjalanan dari leher rahim sampai ke saluran telur (di mana mereka berharap untuk bertemu telur.) Ini terlepas dari gravitasi. Mereka akan berenang "naik" melalui rahim tidak peduli apa posisi tubuh Anda. Jika ada telur yang menunggu, konsepsi dapat terjadi secepat tiga menit setelah hubungan seksual.


Bisa dikatakan, sperma dapat bertahan hidup di dalam sistem reproduksi wanita hingga lima hari. Ini berarti bahwa hari ketika Anda berhubungan seks tidak harus menjadi hari ketika Anda hamil. Jika Anda melakukan hubungan seks pada hari Senin, dan Anda berovulasi pada hari Kamis, konsepsi dapat terjadi beberapa hari setelah Anda melakukan hubungan seksual.

Kadang-kadang, seorang dokter akan memperkirakan hari konsepsi berdasarkan pada berapa minggu janin mengukur dalam USG, dan tanggal konsepsi ini tidak sesuai dengan hari ketika pasangan berhubungan seks. Kemungkinan penundaan antara hubungan dan pemupukan ini menjelaskan bagaimana hal itu bisa terjadi.


Sementara Anda lebih mungkin untuk hamil jika Anda berhubungan seks dua sampai tiga hari sebelum ovulasi, Anda bisa hamil dari seks yang terjadi hingga enam hari sebelum sel telur dilepaskan dari indung telur.
Untuk berapa lama harus Anda berbaring di punggung Anda?
Jika Anda akan berbaring telentang, berapa lama harus Anda tinggal di sana untuk menuai manfaat? Sekali lagi, ada tidak ada penelitian pada hubungan seksual untuk memberi kita jawaban. Namun, kami memiliki studi lain IUI yang dapat memberi kita petunjuk.

Baca juga Makanan Penyubur Kandungan

Dalam studi ini, 396 pasangan memiliki IUI pengobatan untuk laki-laki faktor Infertilitas, leher masalah, atau infertilitas dijelaskan secara acak ke grup "istirahat" post-IUI. Perempuan juga diminta untuk tetap horisontal untuk 5 menit, 10 menit atau 20 menit pasca inseminasi.

Dalam studi ini tertentu, tingkat kehamilan klinis yang secara dramatis berbeda antara kelompok 5 dan 10 menit.

Tingkat kehamilan klinis per siklus:

4,5 persen bagi mereka yang tetap horisontal selama 5 menit
15.9 persen bagi mereka yang tetap horisontal selama 10 menit
19.7 persen bagi mereka yang tetap horisontal selama 20 menit
Perbedaan antara 10 dan 20 menit kelompok tidak dianggap signifikan secara statistik. Oleh karena itu, para peneliti menyarankan perempuan tetap berbaring turun selama setidaknya 10 menit setelah inseminasi.

Semua ini berkata, jika Anda perlu menggunakan kamar mandi tepat setelah seks (terutama jika Anda mendapatkan infeksi saluran kemih sering), bangun dan pergi ke depan. Anda tidak akan merusak kesempatan Anda untuk konsepsi.

[Catatan: tidak membandingkan hasil ini studi pertama yang dirujuk di atas. Studi ini melihat tingkat kehamilan per siklus, sementara studi pertama yang disebutkan dalam artikel ini melihat tingkat kumulatif kehamilan setelah tiga siklus pengobatan.)

Sebuah kata dari Verywell
Anda mungkin hamil dalam beberapa menit dari hubungan seksual, tetapi, lebih sering, jam atau hari akan melewati antara hari kau "horisontal bayi dance" dan hari Telur dibuahi. Anda mungkin bertanya-tanya jika berbaring setelah atau selama seks dapat membantu Anda mendapatkan hamil lebih cepat, tapi posisi mungkin tidak masalah. Sel-sel sperma akan berenang menuju ovarium Anda Apakah Anda berdiri atau berdiri di kepala Anda!

Ingat bahwa tes kehamilan tidak dapat mendeteksi saat konsepsi atau bahkan hari implantasi Anda. Perlu ada cukup hormon kehamilan dalam tubuh sebelum ujian akan datang positif. Ini membutuhkan waktu. Agar tidak membuang-buang tes kehamilan, tunggu sampai periode Anda setidaknya satu hari sebelum kemudian kencing pada tongkat. Jika tidak, Anda mungkin mendapatkan palsu negatif, bahkan jika Anda sedang hamil.

 

Rujukan Nuri Sehat