Komentar Pembaca

Cara Meningkatkan Konsentrasi

oleh Qariah Maisun Rabbiha (2018-12-21)


Ketika pembawa acara TV Diane Sawyer ditanya rahasia keberhasilannya, dia berkata, "Saya pikir satu pelajaran yang saya pelajari adalah tidak ada pengganti untuk memperhatikan."


Apakah Anda berpikir, "Saya setuju, tetapi bagaimana kita meningkatkan kemampuan kita untuk fokus dan mempertahankan perhatian — tidak peduli apa?"

Kelima tips fokus ini dapat membantu Anda berkonsentrasi lebih baik apakah Anda bekerja di kantor yang sibuk, belajar di sekolah, duduk dalam rapat, atau mencoba menyelesaikan proyek.

F = Lima Aturan Lainnya

Ada dua jenis orang — mereka yang telah belajar cara mengatasi frustrasi dan mereka yang berharap memilikinya. Mulai sekarang, jika Anda berada di tengah-tengah tugas dan tergoda untuk menyerah, cukup lakukan LIMA LEBIH.

Baca lima halaman lagi. Selesaikan lima masalah matematika lagi. Kerjakan lima menit lagi.

Sama seperti atlet membangun stamina fisik dengan mendorong melewati titik kelelahan, Anda dapat membangun stamina mental dengan mendorong melewati titik frustrasi.

Sama seperti pelari mendapatkan angin kedua mereka dengan tidak menyerah ketika tubuh mereka awalnya protes, Anda bisa mendapatkan "pikiran kedua" Anda dengan tidak menyerah ketika kemauan Anda awalnya protes. Terus berkonsentrasi ketika otak Anda lelah adalah kunci untuk S-T-R-E-T-C-H-I-N-G rentang perhatian Anda dan membangun ketahanan mental.

Selengkapnya Cara Meningkatkan Konsentrasi

O = Satu Pikirkan Setiap Saat


Samuel Goldwyn berkata, "Jika saya kelihatan bingung, itu karena saya berpikir." Merasa terkilir? Atasi keasyikan terus-menerus dengan Rencana Godfather — buat pikiran Anda kesepakatan yang tidak bisa ditolaknya. Ya, pikiran menerima suap. Daripada mengatakan TIDAK untuk mengkhawatirkan yang lain, prioritas yang lebih rendah (yang akan menyebabkan pikiran Anda untuk memikirkan hal yang tidak seharusnya dipikirkan!), Menetapkan tugas tunggal dengan parameter waktu mulai-berhenti.

Misalnya, "Saya akan memikirkan cara melunasi utang kartu kredit itu ketika saya pulang ke rumah malam ini dan memiliki kesempatan untuk menambahkan tagihan saya. Untuk saat ini, untuk tiga puluh menit berikutnya dari pukul 1-1: 30 sore, saya akan memberikan fokus saya sepenuhnya untuk mempraktekkan presentasi ini sehingga saya fasih dan pandai berbicara ketika melemparkan proposal ini ke klien VIP kami. "


Masih tidak bisa mengeluarkan kekhawatiran lain dari kepalamu? Tuliskan daftar tugas Anda sehingga Anda bebas melupakannya. Merekam kewajiban yang mengkhawatirkan berarti Anda tidak perlu menggunakan otak Anda sebagai papan buletin "pengingat", yang berarti Anda dapat memberikan perhatian penuh kepada tugas prioritas utama Anda.

C = Menaklukkan Prokrastinasi

Tidak merasa ingin berkonsentrasi? Apakah Anda menunda tugas atau proyek yang seharusnya Anda kerjakan? Itu bentuk penundaan. R. D. Clyde berkata, "Sungguh menakjubkan berapa lama waktu yang diperlukan untuk menyelesaikan sesuatu yang tidak kami kerjakan."


Lain kali Anda akan menunda tanggung jawab bertanya pada diri sendiri, "Apakah saya harus melakukan ini? Apakah saya ingin itu selesai sehingga itu tidak ada dalam pikiran saya? Apakah akan lebih mudah nantinya?" Tiga pertanyaan itu dapat memberi Anda dorongan untuk secara mental menerapkan diri Anda karena mereka membawa Anda berhadapan langsung dengan fakta bahwa tugas ini tidak akan hilang, dan menunda hanya akan menambah rasa bersalah Anda dan membuat tugas yang berat ini lebih menguasai pikiran dan waktu Anda. .

U = Gunakan Tangan Anda sebagai Blinker

Bayangkan pikiran Anda sebagai kamera dan mata Anda sebagai bukaannya. Sebagian besar waktu, mata kita "mengambil semuanya" dan otak kita berada dalam "fokus sudut lebar." Kita dapat benar-benar memikirkan banyak hal sekaligus dan mengoperasikannya dengan cara yang cukup efisien (misalnya, membayangkan mengemudi di jalan raya yang ramai saat berbicara dengan seorang teman, mengotak-atik radio, mengawasi mobil di samping Anda, dan mengawasi tanda keluar Anda .)

Bagaimana jika Anda ingin beralih ke fokus telefoto? Bagaimana jika Anda harus mempersiapkan tes dan Anda membutuhkan konsentrasi 100%? Gosok tangan Anda di sekitar mata Anda sehingga Anda memiliki "visi terowongan" dan hanya melihat buku teks Anda. Menempatkan tangan Anda di sisi wajah Anda menghalangi lingkungan sekitar sehingga mereka benar-benar "tak terlihat, tak terpikirkan". Pikirkan tentang pentingnya kata-kata itu.

Ingin berita lebih baik lagi? Apakah nama Pavlov r-r-r-ring lonceng? Jika Anda menggenggam tangan Anda di sekitar mata setiap kali Anda ingin beralih dari sudut lebar ke fokus telefoto, ritual fisik itu menjadi pemicu Pavlov.

Ingat? Pavlov membunyikan bel, memberi makan anjing, membunyikan bel dan memberi makan anjing itu, sampai anjing itu mulai mengeluarkan air liur segera setelah dia mendengar bunyi lonceng. Demikian pula, menggunakan tangan Anda sebagai penutup mata setiap kali Anda ingin mempersempit fokus Anda mengajarkan otak Anda untuk beralih ke pikiran "satu jalur" dan berkonsentrasi pada perintah Anda.

Rujukan Nuri Sehat