Komentar Pembaca

Nama Mobil - Model Rebranding

oleh Travel Juanda (2019-09-21)


"Ada apa namanya? Yang kita sebut mawar dengan nama lain akan berbau manis." - Romeo and Juliet oleh William Shakespeare.

Shakespeare mungkin telah menulis "Apa arti sebuah nama?", Tetapi menurut produsen mobil, jawabannya adalah "Banyak!" Itu mungkin menjadi alasan mengapa mereka merilis kendaraan yang sama dengan nama yang berbeda di pasar yang berbeda. Seperti "melepaskan" untuk "menembak" dan "merestrukturisasi" untuk "PHK", tindakan ini juga memiliki nama yang trendi, atau jika Anda menginginkannya, eufemisme - "rekayasa lencana." Praktek ini juga dikenal sebagai "kembaran" - menciptakan anak kembar dari model yang ada.

Jika Anda menganggap diri Anda seorang ahli mobil yang dapat mengenali satu dari jarak setengah mil, Anda mungkin akan terkejut saat berikutnya Anda mengunjungi negara lain. Chevrolet Optra yang Anda miliki mungkin ternyata memiliki nama yang sangat berbeda di Australia - Holden Viva, sebenarnya. Bergerak beberapa ribu mil dari Down Under ke Far East dan mobil yang sama adalah Buick Excelle di Cina. Bingung? Jangan jadi. Anda mengalami strategi promosi yang disebut rekayasa lencana. Kami akan mencoba menjelaskan mengapa itu ada di tempat pertama.

Mari kita mulai dengan analogi: misalkan Anda adalah pendukung setia tim sepak bola Notre Dame. Memang mereka tidak melakukannya dengan baik akhir-akhir ini, tetapi Anda terus mendukung mereka, seperti banyak orang lain, berharap untuk perubahan haluan (ini dengan asumsi Anda bukan penggemar rival tradisional Notre Dame seperti Michigan atau USC). Inilah yang oleh pemasar disebut "royalti merek". Karena itu, jika seorang pemasar menginginkan Anda menyukai seorang pemain, yang harus ia lakukan hanyalah mendandaninya dengan mengenakan seragam tim Notre Dame, dan Anda akan menyukai pemain tersebut dengan berasosiasi dengan merek favorit Anda.

Perluas ini ke mobil. Misalkan pabrikan memiliki dua merek, A dan B, di dua pasar yang berbeda, X dan Y. Jika mobil merek A bekerja dengan baik di X, pabrikan dapat mempertimbangkan untuk memperkenalkannya di Y. Tetapi A tidak memiliki kehadiran di Y, di mana B memiliki royalti merek yang besar. Dalam situasi seperti itu, masuk akal secara bisnis untuk mengubah merek mobil dari A ke B sebelum memperkenalkannya di Y.

Loyalitas merek bukan satu-satunya penentu di balik memiliki nama yang berbeda untuk mobil yang sama. Pertimbangan biaya dan waktu juga ikut berperan. Seringkali lebih masuk akal secara ekonomi untuk memperluas pasar untuk produk yang telah dicoba dan diuji daripada merancang dan memproduksi yang benar-benar baru. Dan teknik lencana tidak terbatas pada memiliki nama yang berbeda untuk mobil yang sama di pasar yang berbeda; kadang-kadang, itu dapat diterapkan di pasar yang sama untuk menargetkan segmen pasar yang berbeda.

Tidak ada diskusi tentang teknik lencana yang lengkap tanpa menyebutkan General Motors. Secara historis, GM telah memiliki beberapa merek berbeda di bawah sayapnya, dan sering menerapkan strategi ini untuk memperluas jangkauan merek yang berbeda di satu pasar seperti menjual mobil tunggal seperti Chevrolet, Pontiac, dan Buick di AS. Terkadang, mereka dibedakan oleh karakteristik tertentu yang biasanya dikaitkan dengan merek itu. Misalnya, pelanggan Chevrolet mengharapkan kemudi dan suspensi yang lebih ketat, sedangkan pelanggan Buick mengharapkan perjalanan yang lebih lembut dan lebih mewah.

Juga, GM telah menjual model yang sama dengan nama yang berbeda di pasar yang berbeda tergantung pada loyalitas merek dan persepsi konsumen. Misalnya, ketika GM mengambil alih divisi mobil penumpang Daewoo setelah perusahaan Korea mengajukan kebangkrutan, itu melanjutkan dengan merek Daewoo di negara asalnya. Namun, di Australia, model Daewoo dicap sebagai Holdens sementara mereka dinamai sebagai bagian dari merek Chevrolet di sebagian besar pasar lain seperti India. Itulah sebabnya mobil seperti hatchback Daewoo Matiz menjadi Chevrolet Spark di India.

Rekayasa lencana tidak terbatas hanya untuk pabrikan besar dengan portofolio besar. Terkadang, dua perusahaan bekerja sama untuk menerapkan strategi ini, baik dengan menukar produk yang tidak dimiliki masing-masing merek dalam jajarannya atau dengan menyatukan sumber daya mereka untuk membuat produk bersama, dan kemudian menjualnya secara individual. Metode kerja sama ketiga adalah ketika satu perusahaan mengizinkan perusahaan lain, jika tidak, tidak memiliki afiliasi, untuk memasarkan versi revisi produknya.

Contoh metode pertama adalah kesepakatan yang ditandatangani antara Honda dan Isuzu pada awal 1990-an. Sebagai hasil dari perjanjian ini, Honda Odyssey dicap sebagai Oasis Isuzu karena Isuzu membutuhkan minivan, sedangkan Isuzu Rodeo dijual sebagai Paspor Honda karena Honda menginginkan sebuah SUV dalam portofolionya. Patut dicatat bahwa, sampai saat ini, Oasis adalah satu-satunya minivan yang pernah dijual oleh Isuzu.

Contoh dari metode kedua adalah perkawinan 26 tahun antara General Motors dan Toyota yang menyebabkan kelahiran New United Motor Manufacturing, Inc. (NUMMI). Sementara GM melihatnya sebagai kesempatan untuk belajar tentang proses manufaktur legendaris Toyota (JIT, kaizen, dll), Toyota menyambut usaha ini karena memungkinkannya untuk mendapatkan pijakan di pasar Amerika. Pabrik pertama dibuka pada tahun 1986 dan ditutup awal tahun ini, tetapi produk yang dibuat oleh NUMMI masih dapat dilihat di jalan hari ini. Ini termasuk Toyota Corolla / Chevrolet Prizm dan Toyota Matrix / Pontiac Vibe. Contoh lain adalah kerja sama antara Ford dan Volkswagen yang menghasilkan mobil seperti VW Sharan, Ford Galaxy, dan SEAT Alhambra.

Contoh dari metode ketiga dari teknik lencana koperasi adalah Volkswagen Routan, yang hanya merupakan merek Dodge Caravan. Ford juga mengadakan perjanjian dengan Chrysler untuk menjual mobil yang sama dengan trim mewah seperti Chrysler Town and Country. Jadi, pada dasarnya, Dodge Caravan, Volkswagen Routan dan Chrysler Town and Country adalah mobil yang sama.

Tempat di mana Anda dapat melihat rekayasa lencana adalah segmen mewah di mana pabrikan mungkin tidak memiliki banyak merek dalam portofolionya, tetapi memiliki setidaknya satu merek utama dan satu merek premium. Dalam kasus seperti itu, model dari jalur utama sering dihiasi dengan barang-barang mewah dan elektronik yang lebih baik, dan kemudian dijual sebagai model merek premium. Beberapa mungkin berpendapat bahwa kedua model berbeda karena perubahan yang dibuat, bahkan jika kosmetik, tetapi ini adalah argumen yang tidak dapat dengan mudah diselesaikan.

Contohnya termasuk Lexus ES, yang hanya merupakan Toyota Camry mewah, dan Acura TSX, yang dapat dianggap sebagai Honda Accord premium. Bahkan GM, yang merek Cadillacnya dianggap sebagai merek mewah dan Chevrolet sebagai lini utama, memiliki Cadillac Escalade yang berbasis pada Chevrolet Tahoe.

Kesimpulannya, seperti biasa, ketahui tentang apa yang Anda beli. Atau seperti yang dulu dikatakan, "Caveat Emptor!" (Latin: Biarkan pembeli waspada).

 http://isuzusurabaya.id/model/isuzu-traga
http://www.caf3net.com/bisnis/7-alasan-anda-layak-membeli-mobil-isuzu-surabaya
https://mix.com/isuzusurabaya
https://www.intensedebate.com/people/eisuzusurabaya
http://www.magcloud.com/user/isuzusurabaya
https://www.bersosial.com/threads/4-alasan-isuzu-disebut-%E2%80%9Crajanya-diesel.61677/
https://nianow.com/node/1541320
https://duck.co/user/isuzusurabaya
https://speakerdeck.com/isuzusurabaya
https://trello.com/isuzusurabaya/activity
https://coub.com/isuzusurabaya
http://uid.me/isuzusurabaya
https://hub.docker.com/u/isuzusurabaya
https://en.gravatar.com/isuzusurabayaku
https://works.bepress.com/isuzu-surabaya/#
https://blog.uad.ac.id/dwi1400001048/2019/09/14/6-tips-beli-mobil-isuzu-surabaya-bekas-biar-gak-buntung/
http://sallylethulur.student.unidar.ac.id/2019/09/5-alasan-mengapa-pilih-sewa-isuzu.html
https://anisa.blog.mercubuana.ac.id/5-cara-pilih-sewa-mobil-elf-isuzu-surabaya/
http://gurudedy.student.umm.ac.id/5-harga-kendaraan-isuzu-surabaya-paling-ekonomis-terbaru-tahun-2019/
http://student.blog.dinus.ac.id/cantika/5-keunggulan-kendaraan-isuzu-surabaya-untuk-mobilitas-yang-memuaskan/
http://www.vagabond-bg.com/2019/09/14/ini-4-harga-kendaraan-isuzu-surabaya-yang-ramah-kantong-dan-keunggulannya/
http://www.kesehatanwanita.web.id/2019/09/7-tips-merawat-mesin-diesel-pada-mobil-isuzu-surabaya.html



Balasan

Menjadi Profesional Sejati Dengan Kursus SEO

oleh Travel Juanda (2019-09-28)

Tren saat ini telah berubah secara dramatis dan kehadiran online telah menjadi bagian integral dari strategi pemasaran.  Namun pemasaran online adalah bidang yang kompleks... Baca Lebih Lanjut

Bls: Nama Mobil - Model Rebranding

oleh jiwa raga (2019-10-09)

Mari kita mulai dengan analogi: misalkan Anda adalah pendukung setia tim sepak bola Notre Dame. Memang mereka tidak melakukannya dengan baik akhir-akhir ini, tetapi Anda terus... Baca Lebih Lanjut