Implementasi Manajemen Berbasis Sekolah Dalam Pembentukan Karakter Siswa Sekolah Dasar

Maria Goretti Triyarsih(1*)
(1) SD Negeri Lempuyang Wangi Yogyakarta
(*) Corresponding Author
DOI : 10.30738/mmp.v2i1.4028

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui 1) Manajemen Berbasis Sekolah 2) hasil implementasi MBS dalam Pembentukan Karakter Siswa di SD Negeri Bhayangkara yang ditinjau dari perencanaan, pengorganisasian, pelaksanaan, dan pengawasan, 3) faktor Pendukung dan Penghambat serta Solusinya. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif, maka instrumen penelitian adalah peneliti sendiri. Pelaksanaan penelitian di SD Negeri Bhayangkara Yogyakarta. Teknik pengumpulan data meliputi wawancara, observasi, dan dokumentasi. Informan dalam penelitian ini meliputi kepala sekolah, guru, karyawan, dan komite sekolah. Teknik analisis data menggunakan analisis deskripsi meliputi pengumpulan data, reduksi data, penyajian data, dan verifikasi data. Uji Keabsahan data menggunakan uji kredibilitas data dilakukan dengan perpanjangan pengamatan, meningkatkan ketekunan dan triangulasi. Hasil penelitian ini dapat disimpulkan sebagai berikut: Implementasi MBS dalam Pembentukan Karakter Siswa di SD Negeri Bhayangkara Yogyakarta pada kategori baik yang ditunjukkan dengan (1) kemandirian sekolah sudah berjalan baik, yaitu program sekolah dikembangkan atas inisiatif warga sekolah sendiri sesuai dengan potensi dan kebutuahan sekolah serta terdapat usaha dan kegiatan sekolah dalam penggalian dana dengan memanfaatkan potensi sumber daya sekolah. (2) kerjasama sekolah yaitu kerjasama antar warga sekolah dan dengan pihak luar sekolah terjalin dengan baik, (3) bentuk partisipasi stakeholders (pemerintah, masyarakat, dan warga sekolah) yaitu berupa dukungan dana, dukungan material/fasilitas, dukungan pemikiran, dan dukungan tenaga pada kategori baik; (4) keterbukaan sekolah sudah berjalan dengan baik.

Kata Kunci : Implementasi, Manajemen Berbasis Sekolah, Karakter, SD Negeri Bhayangkara Yogyakarta

Article Statistic

Abstract view : 50 times
PDF views : 30 times

The PDF file you selected should load here if your Web browser has a PDF reader plug-in installed (for example, a recent version of Adobe Acrobat Reader).

If you would like more information about how to print, save, and work with PDFs, Highwire Press provides a helpful Frequently Asked Questions about PDFs.

Alternatively, you can download the PDF file directly to your computer, from where it can be opened using a PDF reader. To download the PDF, click the Download link above.

Fullscreen Fullscreen Off

Full Text: PDF

How To Cite This :

Refbacks

  • There are currently no refbacks.