Kontribusi Kepemimpinan Kepala Sekolah, Komunikasi Intepersonal dan Komitmen Organisasi Terhadap Kinerja Guru

Imamuddin Imamuddin(1*), Agustina Sri Purnami(2)
(1) SMK Ma'arif 1 Wates
(2) Universitas Sarjanawiyata Tamansiswa
(*) Corresponding Author
DOI : 10.30738/mmp.v2i1.3422

Abstract

Tujuan penelitian untuk mengetahui kontribusi manajamen mutu pendidikan ditinjau dari aspek kepemimpinan kepala sekolah, komunikasi interpersonal dan komitmen organisasi terhadap kinerja guru Pendidikan Jasmani pada Sekolah Menengah Kejuruan Se-Kabupaten Kulon Progo secara umum dan secara khusus. Jenis penelitian ini adalah penelitian kuantitatif. Populasi penelitian ini adalah seluruh guru Pendidikan Jasmani Olahraga dan Kesehatan Sekolah Menengah Kejuruan di Kabupaten Kulon Progo yang berjumlah 55 orang. Teknik pengambilan data menggunakan instrument angket. Analisis yang digunakan adalah analisa regresi linear berganda. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa (1) Manajamen mutu pendidikan ditinjau dari aspek kepemimpinan kepala sekolah, komunikasi interpersonal dan komitmen organisasi berkontribusi positif terhadap kinerja guru Pendidikan Jasmani pada Sekolah Menengah Kejuruan Se-Kabupaten Kulon Progo. (2) Kepemimpinan kepala sekolah berkontribusi positif terhadap kinerja guru Pendidikan Jasmani pada Sekolah Menengah Kejuruan Se-Kabupaten Kulon Progo;(3) Komunikasi Interpersonal berkontribusi positif terhadap kinerja guru Pendidikan Jasmani pada Sekolah Menengah Kejuruan Se-Kabupaten Kulon Progo;(4) Komitmen Organisasi  berkontribusi positif terhadap kinerja guru Pendidikan Jasmani pada Sekolah Menengah Kejuruan Se-Kabupaten Kulon Progo.

Kata Kunci: kepemimpinan kepala sekolah, komunikasi intepersonal, komitmen organisasi, kinerja guru.

References


Barnawi dan Mohammad A. 2012. Kinerja guru profesional. Yogyakarta: Ar-Ruzz Media

Depdiknas. 2008. Permendiknas No. 16 Tahun 2007 tentang standar kualifikasi dan kompetensi guru. Jakarta: Depdiknas.

De Vitto, L.A. 1998. Interpersonal communication. New York: Herper and Row Publishing Co.

Nurachadijat, Kun dan Fauzi. D.A., 2006. Membangun motivasi kepemimpinan. Jakarta: Edsa Mahkota.

Raju, P. Mohan & Srivastava, R.C. 1994. Factors contributing to commitment to the teaching proffesion. International journal of educational management, Vol. 8 (5): 7-13.

Robbins, S. 2007. Perilaku organisasi. Terj: Benyamin Molan. New Jersey: Prentice Hall, Inc.

Sopiah. 2008. Perilaku organisasional. Malang: ANDI.

Sutrisno, E. 2007. Manajemen bumber daya manusia. Jakarta: Prenada Media Group.

Mulyasa, E. 2009. Manajemen berbasis sekolah. Bandung: PT Remaja Rosdakarya.

Mulyasa. 2013. Uji kompetensi dan penilaian kinerja guru. Bandung: PT Remaja Rosdakarya.

Winkel, S. 2004. Psikologi pengajaran. Yogyakarta: Media Abadi.


Article Statistic

Abstract view : 37 times
PDF views : 26 times

The PDF file you selected should load here if your Web browser has a PDF reader plug-in installed (for example, a recent version of Adobe Acrobat Reader).

If you would like more information about how to print, save, and work with PDFs, Highwire Press provides a helpful Frequently Asked Questions about PDFs.

Alternatively, you can download the PDF file directly to your computer, from where it can be opened using a PDF reader. To download the PDF, click the Download link above.

Fullscreen Fullscreen Off

Full Text: PDF

How To Cite This :

Refbacks

  • There are currently no refbacks.