Implementasi Manajemen Pendidikan Berbasis Afeksi Pada Penumbuhan Budi Pekerti Peserta Didik Di SMA Negeri 5 Yogyakarta

Bambang Edy Sulistyanto(1*), Mundilarno Mundilarno(2)
(1) SMAN 6 Yogyakarta
(2) Universitas Sarjanawiyata Tamansiswa
(*) Corresponding Author
DOI : 10.30738/mmp.v1i1.2811

Abstract

Tujuan Penelitian adalah untuk mendiskripsikan (1) Implementasi manajemen pembelajaran berbasis afeksi pada penumbuhan budi pekerti yang diselenggarakan di SMA Negeri 5 Yogyakarta meliputi planning, organizing, actuating dan controling, (2). Hasil pelaksanaan pendidikan afeksi pada penumbuhan budi pekerti di SMA Negeri 5 Yogyakarta, (3). Faktor kendala dan solusi pada pelaksanaan pembelajaran berbasis afeksi di SMA Negeri 5 Yogyakarta. Metode Penelitian yang digunakan adalah metode kualitatif. Teknik pengumpulan data berupa observasi, wawancara, dokumentasi. Rumber utama penelitian adalah Kepala Sekolah, Wakil Kepala Sekolah Bidang Kurikulum, Wakil Kepala Sekolah Bidang Humas. Teknik keabsahan data menggunakan trianggulasi sumber data dan trianggulasi pengumpulan data. Hasil Penelitian menunjukkan (1). Keunggulan sekolah menjadi jati diri dan kepribadian SMA Negeri 5 Yogyakarta. 2). Peningkatan kualitas kedisiplinan beribadah, pembentukan karakter, kedisiplinan pelaksanaan tata tertib, dan lain-lain. (3). Faktor kendala, adanya kewaspadaan sekolah untuk menangkal pengaruh yang kurang baik. Solusi, adanya pemahaman terhadap keunggulan sekolah berbasis afeksi.

Keyword : manajemen, pendidikan, afeksi, budi pekerti

References


Agus Sujanto, 2004 dkk, Psikologi Kepribadian, (Jakarta : PTBumi Aksara ,). Agus Sujanto, 2004 dkk, Psikologi Kepribadian, (Jakarta : PTBumi Aksara ,).

Amal Wahyudi, 2015, Emotional Spiritual Quotient Menurut Ary Ginandjar Agustian dan Relevansinya dengan Pengembangan Kompetensi Spiritual dan Kompetensi Sosial Kurikulum 2013, Fakultas Tarbiyah dan Keguruan UIN Walisanga, Semarang.

Ahmadi, Abu dan Widodo Supriyono, 1991, Psikologi belajar, Cetakan pertama, Bandung , PT Rineka

Benyamin S, Bloom dkk,2003.Pembelajaran Tematik Anak Usia Dini. PT. Rineksa Cipta

Departemen Pendidikan Nasional,Peraturan Pemerintah Indonesia,2005,Badan Standar Nasional Pendidikan (BSNP)

Goleman, Daniel.2001.Kecerdasan Emosional untuk Mencapai Puncak Prestasi (terjemahkan oleh Widodo). Jakarta: PT. Gramedia

Goelman, Daniel, 2003, Kepemimpinan yang mendatangkan Hasil, Cetakan Pertama, amara, Jogjakarta

Goelman, Daniel. 2007. Kecerdasan Emosional, terjemahan Hermaya, Jakarta, PT Gramedia Pustaka Utama

Irfan Mashuri, 2014, tesis, Konsep Emotional Spiritual Quotient dalam Membentuk karakter Religieus Peserta Didik Studi Pemikiran Ary Ginandjar Agustin, Jurusan Pendidikan Agama islam, Fakultas tarbiyah dan Keguruan UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta.

Lickona, Thomas. (1991). Educating for Character: How Our School Can Teach Respect and Responsibility. New York, Toronto, London, Sydney, Aucland: Bantam books.

Marshal, Catherine & Gretchen B Rossman. 1995. Designing Qualitative Research. California: Sage Publication Inc

Miles, MB dan AM Huberman, 1994, Qualitative Data Analysis, California, SAGE Publications. Inc

Moleong, Lexy J, 2002, Metodologi Penelitian Kualitatif, Bandung: Remaja Rosdakarya, Cet. 12.

Nasution, 1991, Metode research, Penelitian ilmiah, Bandung, Jammars Neuman, M. Lawrence, 2003, Methods Qualitaive and Quantitatives , fifth USA

Slameto. 2003. Belajar dan Faktor-faktor yang Mempengaruhinya. Jakarta: Rineka Cipta.

Sugiyono. (2012). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif dan Kombinasi (Mixed Methods). Bandung: Alfabeta.

Sukmadinata, Nana Syaodih, 2004, Landasan Psikologi Proses Pendidikan, Bandung: PT. Remaja Rosdakarya.

Sumadi Suryabrata, 1998. Psikologi Pendidikan. Jakarta: PT. Raja Grafindo Persada

UU No. 20, Tahun 2003 tentang Sistem Pendidikan Nasional


Article Statistic

Abstract view : 111 times
PDF views : 142 times

The PDF file you selected should load here if your Web browser has a PDF reader plug-in installed (for example, a recent version of Adobe Acrobat Reader).

If you would like more information about how to print, save, and work with PDFs, Highwire Press provides a helpful Frequently Asked Questions about PDFs.

Alternatively, you can download the PDF file directly to your computer, from where it can be opened using a PDF reader. To download the PDF, click the Download link above.

Fullscreen Fullscreen Off

Full Text: PDF

How To Cite This :

Refbacks

  • There are currently no refbacks.