Manajemen Praktik Kerja Lapangan Luar Negeri Siswa Di SMK Negeri 4 Yogyakarta

Eko Purwantiningsih(1*)
(1) SMKN 6 Yogyakarta
(*) Corresponding Author
DOI : 10.30738/mmp.v1i1.2812

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk: 1) mengetahui manajemen Praktik Kerja Lapangan (PKL) luar negeri untuk peningkatan kemandirian dan keterampilan; 2) mengetahui kendala yang dihadapi dalam manajemen Praktik Kerja Lapangan (PKL) untuk peningkatan kemandirian dan keterampilan; 3) mengetahui solusi untuk mengatasi kendala dalam manajeme PKL untuk peningkatan kemandirian dan keterampilan siswa SMK Negeri 4 Yogyakarta.Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif dengan metode analisis deskriptif. Metode pengumpulan data yang digunakan adalah in depth interview (wawancara mendalam). Hasil peneltian adalah sebagai berikut: 1) Pengelolaan PKL di SMK Negeri 4 Yogyakarta dikelola oleh bagian Kehumasan dengan kegiatan awal perencanaan/persiapan berupa: sosialisasi kepada siswa dan orang tua, tes/penjaringan, kesanggupan, pembekalan, pengurusan administrasi: paspor, visa, izin; 2) pengorganisasian dilakukan dengan melaksanakan tugas sesuai yang tercantum dalam struktur organisasi; 3) pelaksanaan PKL luar negeri di SMK N 4 Yogyakarta adalah: MoU, Persiapan, Penyerahan, Pemantauan, Penarikan, Evaluasi dan pelaporan yang kesemuanya berjalan dengan baik dan lancar; 4) evaluasi PKL di SMK N 4 Yogyakarta dilakukan dengan mengundang Tim PKL luar negeri (PKLLN), siswa, dan orang tua; 5) kendala yang dihadapi SMK N 4 Yogyakarta dalam melaksanakan PKL luar negeri hampir dikatakan tidak ada, kendala dalam monitoring adalah lokasi yang jauh, namun kendala ini bisa diatasi dengan mempergunakan IT, yaitu menggunakan Whats App maupun Line; sedangkan kendala bagi siswa yang melaksanakan PKL di luar negeri adalah bahasa dan budaya yang dapat diatasi dengan menggunakan teknologi yang ada dan dengan belajar lebih tekun.

 

Kata Kunci: manajemen Praktik Kerja Lapangan luar negeri, kemandirian, dan keterampilan siswa, SMK Negeri 4 Yogyakarta.

 

References


Abdullah Syukur. (1987). Kumpulan Makalah. “Study Implementasi Latar Belakang Konsep Penelitian dan Relevansinya Dalam Pembangunan”. Ujung Pandang: Persadi.

Agus Wibowo. (2013). Manajemem pendidikan karakter di Sekolah. Yoyakarta: Pustaka Pelajar.

Aqib, Zainal & Rohmanto, Elham. (2007). Membangun rofesionalisme guru dan pengawas sekolah. Bandung: CV. Yrama Widya.

Desmita. (2009). Psikologi perkembangan. Bandung: Remaja Rosdakarya

Djamarah, Syaiful Bahri dan Aswan Zain. (1996). Strategi belajar mengajar. Jakarta: Rineka Cipta.

Eling Damayanti. (2014). “Manajemen Praktek Kerja Industri pada Kompetensi Keahlian Administrasi Perkantoran di SMK Se-Kota Yogyakarta”. Skripsi. Yogyakarta: Fakultas Ilmu Pendidikan UNY.

Hadari Nawawi. (1985). Organisasi sekolah dan pengelolaan kelas. Jakarta: Gunung Agung.

Moh. Ali dan Moh. Asrori. (2005). Psikologi remaja (Perkembangan Peserta Didik). Jakarta: Rineka Cipta.

Ngalim Purwanto. (1988). Administrasi dan Supervisi Pendidikan. Bandung: Remadja Karya.

Nurdin Usman. (2002). Konteks implementasi berbasis kurikulum. Jakarta: PT. Raja Grafindo Persada.

Oemar Hamalik. (2007). Proses Belajar Mengajar. Jakarta: Bumi Aksara.

Putu Sudira. (2012). Filosofi dan teori Pendidikan vokasi dan kejuruan. Yogyakarta: UNY Press.

Suharsimi Arikunto. (1993). Metode penelitian manajemen. Bandung: CV Alvabeta.

________________. (2005). Manajemen pendidikan. Yogyakarta : Aditya Media.

Sukarnati. (2011). “Pengembangan Model Manajemen Praktek Kerja ndustri di Sekolah Menengah Kejuruan”. Tesis.Yogyakarta: Program Pascasarjana UNY.

Detik Finance, Senin, 22 Mei 2017.


Article Statistic

Abstract view : 94 times
PDF views : 141 times

The PDF file you selected should load here if your Web browser has a PDF reader plug-in installed (for example, a recent version of Adobe Acrobat Reader).

If you would like more information about how to print, save, and work with PDFs, Highwire Press provides a helpful Frequently Asked Questions about PDFs.

Alternatively, you can download the PDF file directly to your computer, from where it can be opened using a PDF reader. To download the PDF, click the Download link above.

Fullscreen Fullscreen Off

Full Text: PDF

How To Cite This :

Refbacks

  • There are currently no refbacks.