Pengaruh Sosial Ekonomi Orang Tua dan Motivasi Belajar Terhadap Prestasi Belajar Siswa SMPN 4 Wonosobo

Bejo Sudarwanto(1*)
(1) SMPN 4 WONOSOBO
(*) Corresponding Author
DOI : 10.30738/mmp.v1i1.2881

Abstract

Abstrak:Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh kondisi sosial ekonomi orang tua, perhatian orang tua, dan motivasi belajar terhadap prestasi belajar siswa SMP Negeri 4 Wonosobo . Populasi penelitian ini adalah siswa SMP Negeri 4 Wonosobo yang berjumlah 80 anak, semuanya sebagai sampel. Data dikumpulkan menggunakan angket langsung yang dijawab oleh para siswa dan nilai murni hasil ulangan kenaikan kelas kelas VIII Tahun 2017. Data angket tersebut dianalisis statistik dengan teknik regresi berganda menggunakan komputer program SPSS.

Secara parsial menunjukkan bukti secara signifikan kondisi sosial ekonomi orang tua berpengaruh positif terhadap prestasi belajar IPA, perhatian orang tua terbukti secara signifikan juga berpengaruh positif terhadap prestasi belajar IPA, sedangkan hasil analisis motivasi belajar secara signifikan juga berpengaruh  positif terhadap prestasi belajar IPA. Maka secara bersama-sama variabel  bebas kondisi sosial ekonomi orang tua, perhatian orang tua dan motivasi belajar berpengaruh positif dan signifikan terhadap prestasi belajar IPA. Hal ini menunjukkan bahwa bila kondisi sosial ekonomi orang tua, perhatian orang tua, dan motivasi belajar meningkat, maka prestasi belajar IPA juga akan meningkat.

 

Kata kunci: kondisi sosial ekonomi orang tua, perhatian orang tua, motivasi   belajar,prestasi belajar.

 

Article Statistic

Abstract view : 267 times
PDF views : 731 times

The PDF file you selected should load here if your Web browser has a PDF reader plug-in installed (for example, a recent version of Adobe Acrobat Reader).

If you would like more information about how to print, save, and work with PDFs, Highwire Press provides a helpful Frequently Asked Questions about PDFs.

Alternatively, you can download the PDF file directly to your computer, from where it can be opened using a PDF reader. To download the PDF, click the Download link above.

Fullscreen Fullscreen Off

Full Text: PDF

How To Cite This :

Refbacks

  • There are currently no refbacks.