Implementasi Nilai-Nilai Pendidikan Karakter Berbasis Budaya Sekolah Di SMA Negeri 9 Yogyakarta

Basuki Nugraha(1*)
(1) SMA NEGERI 9 YOGYAKARTA
(*) Corresponding Author
DOI : 10.30738/mmp.v1i1.2891

Abstract

Abstrak: Tujuan penelitian ini adalah (1)untuk mengetahui implementasi nilai-nilai pendidikan karakter berbasis budaya sekolah; (2) untuk mengetahui tingkat ketercapaian nilai karakter jujur, kerja keras, dan disiplin peserta didik secara sendiri-sendiri maupun secara bersama-sama; dan (3) mengetahui hambatan yang dihadapi dan solusi yang dilakukan sekolah dalam implementasi nilai-nilai pendidikan karakter berbasis budaya sekolah. Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif dengan metode survei. Populasi penelitian ini adalah peserta didik di SMA Negeri 9 Yogyakarta. Teknik pengambilan sampel menggunakan proportional stratified random sampling. Pengumpulan data dilakukan dengan angket dan wawancara. Analisis data disajikan dalam bentuk distribusi frekuensi numerikal dan dalam bentuk distribusi frekuensi kategorikal. Implementasi nilai-nilai pendidikan karakter berbasis budaya di SMA Negeri 9 Yogyakarta dilakukan melalui dua tahapan, yaitu tahapan perencanaan dan pelaksanaan. Berdasarkan hasil analisis statistik terhadap data penelitian diperoleh kesimpulan bahwa tingkat ketercapaian untuk nilai kejujuran 95,27% dengan kategori “Baik”, 27,70% dengan kategori “Cukup”, dan tidak ada peserta yang masuk kategori “Kurang”; untuk nilai kerja keras 22,97% dengan kategori “Baik”, 70,95% dengan kategori “Cukup”, 6,08% dengan kategori “Kurang”; untuk nilai kedisiplinan 79,73% dengan kategori “Baik”, 19,59% dengan kategori “Cukup”, dan 0,67% dengan kategori “Kurang”; Sedangkan tingkat ketercapaian nilai karakter jujur, kerja keras, dan disiplin peserta didik SMA Negeri 9 Yogyakarta secara bersama-sama berkategori “Baik”. Hambatannya adalah komitmen, kepedulian, dan perhatian warga sekolah terhadap implementasi nilai-nilai karakter peserta didik masih kurang. Adapun solusinya adalah meningkatkan komitmen, rasa peduli, dan perhatian warga sekolah terhadap implementasi nilai-nilai karakter peserta didik.

Kata kunci: implementasi, nilai-nilai karakter, dan Budaya Sekolah.

References


DAFTAR PUSTAKA

Agus Wibowo dan Gunawan. 2015. Pendidikan Karakter Berbasis Kearifan Lokal di Sekolah (Konsep, Strategi, dan Implementasi).Yogyakarta: Pustaka pelajar.

Agus Wibowo. 2012. Pendidikan Karakter Strategi Membangun Karakter Bangsa Berperadaban. Yogyakarta: Pustaka pelajar

Amri, Sofyan., dkk. 2011. Implementasi dalam Pembelajaran. Presstasi Pustakarya.

Arikunto, Suharsimi. 2009. Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktik. Jakarta: Rineka Cipta.

Depdiknas. 2003. Undang-Undang Republik Indonesia Nomor 20 Tahun 2003 tentang Sistem pendidikan Nasional. Jakarta: Ditjen-Dikdasmen

Echol, J.M., dan Shadily, H. 2000. Kamus Inggris Indonesia. Cetakan XXIV. Jakarta: Gramedia.

Kemdiknas. 2010. Pengembangan Pendidikan Budaya dan karakter Bangsa. Jakarta: Balitbang-Puskur.

Ki Hajar Dewantara. 1977. Pendidikan. Yogyakarta: Majelis Luhur Persatuan Tamansiswa.

Mulyatingsih, Endang. 2011. Metode Penelitian Terapan Bidang Pendidikan. Bandung: Penerbit Alfabeta

Munir, Abdullah. 2010. Pendidikan Karakter: Membangun Karakter Anak sejak dari Rumah. Yogyakarta: PT Pustaka Insan Madani.

Samani, Muchlas dan Hariyanto. 2016. Konsep dan Model Pendidikan kkarakter. Bandung: PT Remaja Rosdakarya.

Sugiyono. 2012. Metode Penelitian Pendidikan Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif, dan R & D. Bandung: Penerbit Alfabeta.

Tofiq Nugroho.2011. Implementasi Nilai-Nilai Pendidikan Karakter Bangsa dalam Pembelajaran Matematika di SMK Muhammadiyah 4 Surakarta Kelas XII Tahun Pelajaran 2010/2011. Jurnal Ilmiah tahun 2011 diakses dari (http://publikasi ilmiah.ums.ac.id/bitstream/handle/123456789/606/MAK-TOFIQ.pdf) pada tanggal 30 Oktober 2017.

Zubaedi. 2011. Desain Pendidikan Karakter, Konsepsi dan Aplikasi dalam Lembaga pendidikan. Jakarta: Kencana Prenada Media Group.


Article Statistic

Abstract view : 138 times
PDF views : 177 times

The PDF file you selected should load here if your Web browser has a PDF reader plug-in installed (for example, a recent version of Adobe Acrobat Reader).

If you would like more information about how to print, save, and work with PDFs, Highwire Press provides a helpful Frequently Asked Questions about PDFs.

Alternatively, you can download the PDF file directly to your computer, from where it can be opened using a PDF reader. To download the PDF, click the Download link above.

Fullscreen Fullscreen Off

Full Text: PDF

How To Cite This :

Refbacks

  • There are currently no refbacks.