Inovasi Manajemen Perpustakaan Dalam Rangka Mendukung Budaya Literasi Sekolah

Maryanto Maryanto(1*)
(1) SMAN 1 Purworejo
(*) Corresponding Author
DOI : 10.30738/mmp.v1i2.3249

Abstract

Abstrak: Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan inovasi manajemen perpustakaan dalam rangka mendukung budaya literasi di SMA Negeri 1 Purworejo. Jenis penelitian ini adalah penelitian kualitatif dengan pendekatan deskriptif. Sumber data adalah pengelola perpustakaan, kepala sekolah, guru dan siswa. Teknik pengumpulan data adalah observasi, wawancara dan dokumentasi. Analisis data menggunakan metode yang diajukan oleh Miles dan Huberman, sedangkan uji validitas data dilakukan dengan teknik triangulasi. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa budaya literasi telah diterapkan di SMA Negeri 1 Purworejo. Inovasi manajemen perpustakaan telah dilaksanakan meliputi perencanaan, pengorganisasian, mobilisasi, dan pengawasan. Keberadaan perpustakaan sangat mendukung budaya literasi, karena banyak buku koleksi perpustakaan yang dipinjam untuk dibaca oleh siswa dan guru untuk menambah wawasan dan pengetahuan. Kendala yang dihadapi adalah kurangnya waktu untuk kegiatan literasi, pekerjaan tambahan di luar tugas sebagai pustakawan, anggaran terbatas, dan kurangnya personil.

Kata kunci: inovasi, manajemen perpustakaan dan budaya literasi

Article Statistic

Abstract view : 72 times
PDF views : 66 times

The PDF file you selected should load here if your Web browser has a PDF reader plug-in installed (for example, a recent version of Adobe Acrobat Reader).

If you would like more information about how to print, save, and work with PDFs, Highwire Press provides a helpful Frequently Asked Questions about PDFs.

Alternatively, you can download the PDF file directly to your computer, from where it can be opened using a PDF reader. To download the PDF, click the Download link above.

Fullscreen Fullscreen Off

Full Text: PDF

How To Cite This :

Refbacks

  • There are currently no refbacks.