Kontribusi Motivasi Berprestasi, Kepemimpinan Transformasional, dan Iklim Organisasi Terhadap Produktivitas Kerja Guru

Suwandi Suwandi(1*)
(1) SMP Negeri Pengasih Kulon Progo
(*) Corresponding Author
DOI : 10.30738/mmp.v1i2.3258

Abstract

Abstrak: Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis kontribusi motivasi berprestasi, kepemimpinan transformasional dan iklim organisasi terhadap produktivitas kerja guru SMP Negeri di Kecamatan Wates secara parsial maupun simultan. Jenis penelitian ini adalah penelitian kuantitatif. Populasi penelitian ini adalah seluruh guru SMP Negeri di Kecamatan Wates yang berjumlah 223 orang. Berdasarkan rumus Slovin maka sampel dalam penelitian ini adalah sebanyak 143 responden. Pengambilan sampel menggunakan teknik proporsional random sampling. Teknik pengambilan data menggunakan kuesioner. Analisis yang digunakan adalah analisa regresi linear berganda. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) Motivasi berprestasi, kepemimpinan transformasional dan iklim organisasi sekolah berkontribusi positif terhadap produktivitas kerja guru denga sumbangan efektif sebesar 50,5%. (2) Motivasi berprestasi berkontribusi positif terhadap produktivitas kerja guru dengan sumbangan efektif sebesar 11,7%. (3) Kepemimpinan transformasional berkontribusi positif terhadap produktivitas kerja guru dengan sumbangan efektif sebesar 16,0%. (4) Iklim organisasi sekolah berkontribusi positif terhadap produktivitas kerja guru dengan sumbangan efektif sebesar 22,7%.

Kata kunci: motivasi berprestasi, kepemimpinan transformasional, iklim organisasi, produktivitas kerja guru

Article Statistic

Abstract view : 77 times
PDF views : 95 times

The PDF file you selected should load here if your Web browser has a PDF reader plug-in installed (for example, a recent version of Adobe Acrobat Reader).

If you would like more information about how to print, save, and work with PDFs, Highwire Press provides a helpful Frequently Asked Questions about PDFs.

Alternatively, you can download the PDF file directly to your computer, from where it can be opened using a PDF reader. To download the PDF, click the Download link above.

Fullscreen Fullscreen Off

Full Text: PDF

How To Cite This :

Refbacks

  • There are currently no refbacks.