Implementasi Manajemen Supervisi Kepala Sekolah dalam Mendukung Kinerja Guru pada Pembelajaran

Tambah Waluya(1*)
(1) SMPN 3 Pengasih Kulon Progo
(*) Corresponding Author
DOI : 10.30738/mmp.v1i2.3259

Abstract

Tujuan penelitian adalah mendiskripsikan implementasi manajemen supervisi kepala sekolah dalam mendukung kinerja guru pada pembelajaran di SMP Negeri 4 Wates Kulon Progo. Jenis penelitian ini adalah penelitian kualitatif. Penelitian dilaksanakan di SMP Negeri 4 Wates Kulon Progo. Informan penelitian meliputi kepala sekolah, wakil kepala sekolah, siswa, guru, dan komite sekolah. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini meliputi observasi, wawancara dan dokumentasi. Teknik analisis data menggunakan analisis deskriptif kualitatif yang meliputi pengumpulan data reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa implementasi manajemen supervisi kepala sekolah dalam mendukung kinerja guru pada pembelajaran di SMP Negeri 4 Wates Kulon Progo sudah baik. Kepala sekolah sudah melaksanakan perencanaan, pelaksanaan, evaluasi dan tindak lanjut. Hasil kinerja guru setelah adanya supervisi kepala sekolah baik. Hal ini tercermin dari kelancaran guru dalam merencanakan pembelajaran, melaksanakan proses pembelajaran dan melakukan penilaian pembelajaran.

Kata kunci: manajemen, supervisi, kepala sekolah, kinerja guru, pembelajaran.

Article Statistic

Abstract view : 52 times
PDF views : 82 times

The PDF file you selected should load here if your Web browser has a PDF reader plug-in installed (for example, a recent version of Adobe Acrobat Reader).

If you would like more information about how to print, save, and work with PDFs, Highwire Press provides a helpful Frequently Asked Questions about PDFs.

Alternatively, you can download the PDF file directly to your computer, from where it can be opened using a PDF reader. To download the PDF, click the Download link above.

Fullscreen Fullscreen Off

Full Text: PDF

How To Cite This :

Refbacks

  • There are currently no refbacks.