Implementasi Kurikulum 2013 dalam Pembelajaran Geguritan Siswa SMP

Purwanti Purwanti(1*), Supriyoko Supriyoko(2), Welius Purbonuswanto(3)
(1) SMP N 1 Sleman
(2) Universitas Sarjanawiyata Tamansiswa
(3) Universitas Sarjanawiyata Tamansiswa
(*) Corresponding Author
DOI : 10.30738/mmp.v1i2.3261

Abstract

Tujuan penelitian ini menganalisis implementasi Kurikulum 2013 dalam pembelajaran geguritan, mendeskripsikan manajemen kelas dan tanggapan guru Bahasa Jawa dalam Implementasi Kurikulum 2013, mendeskripsikan teknik guru dalam meningkatkan prestasi siswa baik akademik maupun non akademik dalam bidang Bahasa Jawa, serta mengetahui upaya guru dalam mengatasi hambatan yang dihadapi dalam Implementasi Kurikulum 2013 tingkat SMP di SMP Negeri 1 Mlati Semester Genap Tahun Pelajaran 2017/2018. Pendekatan penelitian ini adalah kualitatif. Pengumpulan data dengan observasinon partisipan, wawancara mendalam, studi dokumentasi dan gabungan ketiganya. Penentuan informan sebagai sumber data dilakukan secara purposive. Subyek penelitian terdiri atas sumber primer yaitu Kepala Sekolah, Waka Kurikulum, Pengawas Manajerial, Guru bahasa Jawa, Komite Sekolah, Siswa, dan Orang tua wali murid,sedang sumber sekunder berupa informasi yang relevan dengan judul penelitian. Analisis data meliputi proses reduksi data, penyajian data, penarikan kesimpulan dan verifikasi.Pemeriksaan keabsahan data dilakukan dengan trianggulasi data yaitu dengan verifikasi data yang telah diperoleh melalui beberapa sumber.Hasil penelitian menunjukkan implementasiKurikulum 2013 dalam pembelajaran geguritan, telah berjalan dengan baik ini terbukti dari hasil observasi penyusunan Rencana Pelaksanaan Pembelajaran (RPP) mencapai 90,63%dengan predikat amat baik. Hasil observasi pelaksanaan pembelajaran rata-rata empat kelas mencapai 90,28% dengan predikat amat baik. Jumlah ketuntasan belajar nilai pengetahuan adalah 99,22%, ketuntasan nilai keterampilan 100%, penilaian sikap dari 4 kelas paralel menunjukkan 3 siswa memiliki nilai sikap kurang baik sehingga memerlukan pendampingan dan pembinaan secara intensif. Teknik guru untuk meningkatkan prestasi yaitu meluangkan waktu membimbing dan melatih peserta didik, meregenerasi peserta didik yang akan diikutkan lomba, bekerja sama dengan komite sekolah, membentuk panitia atau TIM kecil lomba, memberikan kesempatan kepada peserta didik untuk mendapatkan pengalaman seluas-luasnya. Upaya guru dalam mengatasi hambatan yang dihadapi dengan berusaha memperluas pengetahuan melalui berbagai sumber.

Kata Kunci: implementasi, Kurikulum 2013, pembelajaran geguritan, siswa SMP

Article Statistic

Abstract view : 57 times
PDF views : 65 times

The PDF file you selected should load here if your Web browser has a PDF reader plug-in installed (for example, a recent version of Adobe Acrobat Reader).

If you would like more information about how to print, save, and work with PDFs, Highwire Press provides a helpful Frequently Asked Questions about PDFs.

Alternatively, you can download the PDF file directly to your computer, from where it can be opened using a PDF reader. To download the PDF, click the Download link above.

Fullscreen Fullscreen Off

Full Text: PDF

How To Cite This :

Refbacks

  • There are currently no refbacks.