Manajemen Berbasis Sekolah melalui Optimalisasi Evaluasi Diri Sekolah untuk Mendukung Peningkatan Prestasi Sekolah

Siti Sugiarti(1*), Mulyoto Mulyoto(2)
(1) SD N 1 Pandowan
(2) Universitas Sarjanawiyata Tamansiswa
(*) Corresponding Author
DOI : 10.30738/mmp.v2i1.3443

Abstract

Tujuan penelitian untuk mendeskripsikan: 1) MBS melalui optimalisasi EDS, 2) Kendala, solusi, dan faktor pendukung MBS melalui optimalisasi EDS di SD Negeri Brosot. Jenis penelitian ini adalah penelitian kualitatif dengan teknik pengumpulan data meliputi: wawancara, observasi, dan dokumentasi. Teknik analisis data menggunakan analysis interactive model dari Miles dan Huberman dengan langkah-langkah reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Teknik analisis data dengan trianggulasi teknik, trianggulasi sumber, dan trianggulasi waktu. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: MBS dilaksanakan dengan baik meliputi tahap perencanaan, pengorganisasian, pelaksanaan, dan pengawasan. Kendala yang dihadapi dalam tahap perencanaan terkendala pendanaan. Tahap pengorganisasian terkendala kekurangsiapan stakeholder. Tahap pelaksanaan terkendala pendanaan, tim yang kurang disiplin, dan komunikasi yang kurang efektif antar tim. Tahap pengawasan terkendala tim yang kurang disiplin. Solusi untuk mengatasi kendala yaitu dengan memberi semangat, dukungan, dan menanamkan sikap optimis untuk mencapai kualitas kerja yang terbaik. Faktor pendukungnya adalah otonomi sekolah yang tinggi dan seluas-luasnya, pembagian tugas yang demokratis, pengisian EDS secara efektif dan efesien, pelaporan EDS MBS yang tertib (profesional), kerjasama tim yang solid, dan selalu berkemauan untuk bekerja keras dengan berpedoman pada skala prioritas untuk mendukung prestasi sekolah.

Kata kunci: MBS, Optimalisasi EDS, prestasi sekolah

References


Anitasari, N. (2016). Manajemen program evaluasi diri sekolah di smp negeri 9 purwokerto kabupaten banyumas. (Skripsi). Program Studi Manajemen Pendidikan Islam, Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan Institut Agama Islam Negeri Purwokerto.

Fatah, N. (2004). Konsep manajemen berbasis sekolah (MBS) dan dewan sekolah. Bandung: Pustaka Bani Quraisy.

Febrilia, M. (2017). Implementasi manajemen berbasis sekolah di smp negeri 3 tanjung raja kabupaten lampung utara. (Tesis). Program Manajemen Pendidikan, Program Pascasarjana, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Negeri Lampung.

Hanafiah. (2015). Pelaksanaan manajemen pendidikandalam meningkatkan hasil belajar siswa di sekolah menengah atas negeri 3 bireuen kabupaten bireuen. (Tesis). Program Pascasarjana Universitas Terbuka Jakarta.

Kurniadi, D, A. (2012). Pelaksanaan program evaluasi diri sekolah (eds) di smp negeri 2 tempel. (Skripsi). Program Studi Kebijaksanaan Pendidikan Jurusan Filsafat dan Sosiologi Pendidikan Fakultas Ilmu Pendidikan UNY.

Moleong, L. J. (2001). Metodologi penelitian kualitatif. Bandung: Remaja Rosdakarya.

Peraturan Pemerintah Republik Indonesia Nomor 19. Tahun 2005 yang telah diubah menjadi Peraturan Pemerintah Nomor 32 Tahun 2013. Tentang standar nasional pendidikan. bab ii pasal 2.

Sudjana, N. (2008). Penilaian hasil proses belajar mengajar. Bandung: Remaja Roesdakarya.

Sugiyono. (2016). Metode penelitian manajemen. Bandung: Penerbit CV. Alfabeta

Tyas, F, N. & Nurhikmahyanti, D. (2014). Jurnal inspirasi manajemen pendidikan, Vol. 3 No. 3, 89-99.

Wiyanto, A. (2013). Implementasi manajemen berbasis sekolah dalam meningkatkan mutu pendidikan di madrasah ibtidaiyah swasta. (Tesis). Program Studi Manajemen Pendidikan Islam, Program Pascasarjana Manajemen Islam Universitas Muhamadiyah Surakarta.


Article Statistic

Abstract view : 41 times
PDF views : 150 times

The PDF file you selected should load here if your Web browser has a PDF reader plug-in installed (for example, a recent version of Adobe Acrobat Reader).

If you would like more information about how to print, save, and work with PDFs, Highwire Press provides a helpful Frequently Asked Questions about PDFs.

Alternatively, you can download the PDF file directly to your computer, from where it can be opened using a PDF reader. To download the PDF, click the Download link above.

Fullscreen Fullscreen Off

Full Text: PDF

How To Cite This :

Refbacks

  • There are currently no refbacks.