Kontribusi Kemampuan Manajerial Kepala Sekolah, Pengalaman Mengajar Guru, dan Pemanfaatan Fasilitas Belajar Terhadap Kinerja Guru

Bandi Bandi(1*), Supriyoko Supriyoko(2)
(1) TK N Pringtali Girimulyo
(2) Universitas Sarjanawiyata Tamansiswa
(*) Corresponding Author
DOI : 10.30738/mmp.v2i1.3455

Abstract

 Tujuan : (1) Untuk mengetahui kontribusi kemampuan manajerial kepala sekolah, pengalaman mengajar guru dan pemanfaatan fasilitas belajar terhadap kinerja guru TK; (2) Untuk mengetahui kontribusi kemampuan manajerial kepala sekolah terhadap kinerja guru TK; (3) Untuk mengetahui kontribusi pengalaman mengajar guru terhadap kinerja guru TK; dan (4) Untuk mengetahui kontribusi pemanfaatan fasilitas belajar terhadap kinerja guru TK.Jenis penelitian ini adalah penelitian kuantitatif. Variabel dalam penelitian ini adalah kemampuan manajerial kepala sekolah, pengalaman mengajar guru, pemanfaatan fasilitas belajar dan kinerja guru. Penelitian dilaksanakan pada TK di Kecamatan Girimulyo, Kabupaten Kulon Progo. Populasi adalah seluruh guru TK berjumlah 35 orang. Teknik pengambilan data menggunakan angket. Analisis yang digunakan adalah analisa regresi linear berganda. Berdasarkan hasil analisis data maka diperoleh kesimpulan: (1) Kemampuan manajerial kepala sekolah, pengalaman mengajar guru dan pemanfaatan fasilitas belajar berkontribusi positif terhadap kinerja guru TK. Semakin tinggi  kemampuan manajerial kepala sekolah, pengalaman mengajar guru dan pemanfaatan fasilitas belajar maka kinerja guru cenderung tinggi. (2) Kemampuan manajerial kepala sekolah berkontribusi positif terhadap kinerja guru TK. Semakin tinggi  kemampuan manajerial kepala sekolah maka kinerja guru cenderung tinggi. (3) Pengalaman mengajar guru berkontribusi positif terhadap kinerja guru TK. Semakin tinggi  pengalaman mengajar guru maka kinerja guru cenderung tinggi. (4) Pemanfaatan fasilitas belajar berkontribusi positif terhadap kinerja guru TK. Semakin tinggi  pemanfaatan fasilitas belajar maka kinerja guru cenderung tinggi.

Kata Kunci:    kinerja guru, pengalaman mengajar guru, pemanfaatan fasilitas belajar.

References


Astini, Made Susi., Suhandana, Gede Anggan., & Sadia, Wayan. (2013). Kontribusi Kemampuan Manajerial Kepala Sekolah, Disiplin Kerja, dan Motivasi Kerja Terhadap Kinerja Guru TIK pada Sekolah Menengah Pertama (SMP) di Kecamatan Karangasem. e-Journal Program Pascasarjana Universitas Pendidikan Ganesha Program Studi Administrasi Pendidikan Volume 4 Tahun 2013.

Atmodiwirio, Soebagio. (2002). Identifikasi Faktor-faktor Kemampuan Manajerial yang Diperlukan dalam Implementasi School Based Management dan Implikasinya terhadap Program Pembinaan Kepala Sekolah. Jurnal Administrasi Pendidikan. Universitas Pendidikan Indonesia.

Imam, Barnadib. (2005). Beberapa Hal tentang Pendidikan.Yogyakarta: Studying.

Karweti, Engkay. (2010). Pengaruh Kemampuan Manajerial Kepala Sekolah dan Faktor yang Mempengaruhi Motivasi Kerja terhadap Kinerja Guru SLB di Kabupaten Subang. Jurnal Penelitian Pendidikan Vol. 11, No. 2, Oktober 2010, hal. 73-84.

Made Susi Astini, Gede Anggan Suhandana, dan Wayan Sadia. 2013. Kontribusi Kemampuan Manajerial Kepala Sekolah, Disiplin Kerja, dan Motivasi Kerja Terhadap Kinerja Guru TIK pada Sekolah Menengah Pertama (SMP) di Kecamatan Karangasem. e-Journal Program Pascasarjana Universitas Pendidikan Ganesha Program Studi Administrasi Pendidikan (Volume 4 Tahun 2013).

Nawawi, Hadari. (2005). Manajemen Sumber Daya Manusia untuk Bisnis yang Kompetitif. Yogyakarta: Gajah Mada University Press.

Suherman, Aris., & Saondi, Ondi. (2010). Etika Profesi Keguruan. Bandung: PT. Refika Aditama.

Soebagio Atmodiwirio, 2002, Identifikasi Faktor-faktor Kemampuan Manajerial yang Diperlukan dalam Implementasi School Based Management dan Implikasinya terhadap Program Pembinaan Kepala Sekolah, Jurnal Administrasi Pendidikan. Universitas Pendidikan Indonesia.

Wibowo, Pradoto., Suntoro, Irawan., & Sumadi. (2016). Hubungan Kompetensi Manajerial Kepala Sekolah dan Motivasi Berprestasi dengan Kinerja Guru di SD Gugus IV Kemiling Permai Bandar Lampung.


Article Statistic

Abstract view : 59 times
PDF views : 93 times

The PDF file you selected should load here if your Web browser has a PDF reader plug-in installed (for example, a recent version of Adobe Acrobat Reader).

If you would like more information about how to print, save, and work with PDFs, Highwire Press provides a helpful Frequently Asked Questions about PDFs.

Alternatively, you can download the PDF file directly to your computer, from where it can be opened using a PDF reader. To download the PDF, click the Download link above.

Fullscreen Fullscreen Off

Full Text: PDF

How To Cite This :

Refbacks

  • There are currently no refbacks.