Kontribusi Uji Kompetensi Guru, Motivasi Berprestasi, dan Pengalaman Mengajar Terhadap Kompetensi Profesional Guru

Widya Ningrum Lulu Sayekti(1*)
(1) SD Muhammadiyah Kleco 1 Yogyakarta
(*) Corresponding Author
DOI : 10.30738/mmp.v2i1.4071

Abstract

Tujuan dari penelitian ini adalah: (1) untuk mengetahui kontribusi nilai Uji Kompetensi Guru, motivasi berprestasi dan pengalaman mengajar terhadap kompetensi profesional guru sekolah dasar di Kabupaten Kotagede; (2) untuk mengetahui kontribusi nilai Uji Kompetensi Guru terhadap kompetensi profesional guru sekolah dasar di Kabupaten Kotagede; (3) untuk mengetahui kontribusi motivasi berprestasi terhadap kompetensi profesional guru sekolah dasar di Kabupaten Kotagede; dan (4) untuk mengetahui kontribusi pengalaman mengajar terhadap kompetensi profesional guru sekolah dasar di Kabupaten Kotagede.Dari hasil penelitian, dapat disimpulkan bahwa: (1) ada kontribusi positif dan signifikan dari nilai Uji Kompetensi Guru, motivasi berprestasi dan pengalaman mengajar pada kompetensi profesional guru sekolah dasar di Kabupaten Kotagede, (2) terdapat kontribusi positif dan signifikan nilai Uji Kompetensi Guru terhadap kompetensi profesional guru sekolah dasar di Kabupaten Kotagede; (3) Ada pengaruh positif dan signifikan motivasi berprestasi terhadap kompetensi profesional guru sekolah dasar di Kabupaten Kotagede; dan (4) ada pengaruh positif dan signifikan pengalaman mengajar terhadap kompetensi profesional guru sekolah dasar di Kotagede.

Kata kunci: kompetensi guru, motivasi berprestasi, pengalaman mengajar, kompetensi profesional

References


Arikunto, Suharsimi. (2008). Dasar-Dasar Evaluasi Pendidikan. PT. Bina Aksara. Jakarta.

Arikunto, Suharsimi. (2010). Prosedur Penelitian: Edisi Revisi V. Jakarta: PT. Rineka Cipta.

Hamalik, Oemar. (2003). Perencanaan Pengajaran Berdasarkan Pendekatan sistem. Yogyakarta: Andi Offset.

Hamalik, Oemar. (2007). Proses Belajar Mengajar. Jakarta: Bumi Aksara.

Kemendikbud dan Dirjen GTK.2015. Pedoman Pelaksanaan Uji Kompetensi Guru. Jakarta: Kemendiknas.

Margono. (2007). Metodologi Penelitian Pendidikan. Jakarta: Rineka Cipta.

Safari. (2004). Penilaian Berbasis Kompetensi. Jakarta: Pusat Penilaian Pendidikan Balitbang.

Sugiyono. (2010). Metode Penelitian Kuantitatif Kualitatif & RND. Bandung: Alfabeta.

Usman, M. Uzer. (2010). Menjadi Guru Profesional. Bandung: PT. Remaja Rosda Karya.


Article Statistic

Abstract view : 43 times
PDF views : 38 times

The PDF file you selected should load here if your Web browser has a PDF reader plug-in installed (for example, a recent version of Adobe Acrobat Reader).

If you would like more information about how to print, save, and work with PDFs, Highwire Press provides a helpful Frequently Asked Questions about PDFs.

Alternatively, you can download the PDF file directly to your computer, from where it can be opened using a PDF reader. To download the PDF, click the Download link above.

Fullscreen Fullscreen Off

Full Text: PDF

How To Cite This :

Refbacks

  • There are currently no refbacks.