Manajemen Perpustakaan Dalam Meningkatkan Kualitas Layanan di SMK

Sunarsih Sunarsih(1*)
(1) Universitas Sarjanawiyata Tamansiswa Yogyakarta
(*) Corresponding Author
DOI : 10.30738/mmp.v2i2.4597

Abstract

Tujuan penelitian ini untuk mendeskripsikan manajemen kualitas layanan perpustakaan meliputi perencanaan, pelaksanaan, evaluasi, faktor pendukung dan penghambat, serta upaya untuk meningkatkan kualitas perpustakaan SMK Negeri 2 Wonosari kabupaten Gunungkidul. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif. Subjek penelitiannya adalah Kepala Sekolah, Wakil Kepala Sekolah bidang Sarpras, Ketua Perpustakaan, serta petugas perpustakaan. Objek penelitian adalah manajemen layanan perpustakaan dalam meningkatkan kualitas di SMK Negeri 2 Wonosari. Data diperoleh dengan cara wawancara dengan narasumber, observasi dan dokumentasi. Instrumen penelitian dengan pedoman wawancara dan pedoman dokumentasi. Teknik analisis menggunakan reduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan . Uji keabsahan data menggunakan triangulasi sumber dan triangulasi teknik. Penelitian ini menunjukkan hasil bahwa; (1) manajemen peninggkatan mutu layanan perpustakaan di SMK Negeri 2 Wonosari dibagi dalam tiga tahap yaitu (1) perencanaan, pelaksanaan, dan evaluasi; (2) faktor pedukung dan penghambat dalam meningkatkan mutu pelayanan perpustakaan, serta upaya untuk meningkatkan kualitas layan perpustakaan di SMK Negeri 2 Wonosari. Usaha yang dilakukan melakukan kajian dan evaluasi yaitu memperbaiki penyimpangan apabila di temui penyimpangan-penyimpangan. Dengan manajemen layanan perpustakaan yang baik ini menunjukan adanya peningkatan kualitas layanan perpustakaan di SMK 2 Negeri 2 Wonosari Kabupaten Gunungkidul.

 

 

Keywords


manajemen perpustakaan, kualitas layanan, kualitas perpustakaan

References


Arikunto, S. (2010). Prosedur penelitian, suatu pendekatan praktik. Jakarta: Rineka Cipta

Ariyani, L. Manajemen Perpustakaan Sekolah Pada SMA dan SMK Negeri Se-Kota Singaraja: Permasalahan dan Solusi Pemecahannya. Diakses pada tanggal 27 Desember 2018. http://ejournal.undip.ac.id/index.php/lpustaka

Chusna, R ( 2016 ). Strategi Peningkatan Mutu Layanan Perpustakaan Lembaga Pendidikan Islam. Journal of elementary education. Diakses pada tanggal 15 Desember 2018. http://journal.unnes.ac.id/sju/index.php/jee/article/view/7532

Darmono. (2004). Manajemen dan tata kerja perpustakaan sekolah. Jakarta:Grasindo

Departemen Pendidikan Nasional. (2007). Undang-Undang Republik Indonesia Nomor 43 Tahun 2007 Tentang Perpustakaan. Jakarta: Departemen Pendidikan Nasional.

Fatah, N., (2004). Landasan manajemen pendidikan. Bandung: Remaja.

https://haryaniku.wordpress.com/2011/12/14/meningkatkan-kualitas-layanan-di- perpustakaan-3/

Ibrahim, B (2006). Pengelolaan perpustakaan sekolah. Jakarta:Bumi Aksara.

Ilham, M., 2012 Mengelola perpustakaan sekolah problem dan solusinya. Yogyakarta: Naila pustaka.

Lasa, Hs., (2008). Manajemen perpustakaan. Yogyakarta: Liberty.

Mahmud. (2011). Metode penelitian pendidikan. Bandung: Pustaka Setia.

Meilina, B., (2000). Manajemen perpustakaan. Yogyakarta : UNY

Mufid. 2005. Pengaruh mutu layanan terhadap kepuasan pemustaka,Univrsitas Indonesia

Mulyasa. 2002. manajemen berbasis sekolah: konsep, strategi, dan implementasi, (Bandung: PT Remaja Rosdakrya)

Mulyono. (2009). Manajemen administrasi dan organisasi pendidikan. Yogyakarta: AR-RUZZ Media

M.Y, Pawit, 2018. Pedoman penyelenggaraan perpustakaan sekolah: Kencana

Noerhayati. (1989). Pengelolaan perpustakaan. Bandung: Alumni

Prastowo, A., (2018) Manajemen perpustakaan sekolah profesional: Diva Press

Rahmawati. (2018). Akses dan layanan perpustakaan: Preniadamedia Grop.

Riwani. (2018). Peran Pustakawan Dalam Meningkatkan Kualitas Layanan di Perpustakaan SD Muhammadiyah 2 Pontianak. Diakses pada tanggal 28 Desember 2018.

http://jurnal.untan.ac.id/index.php/jpdpb/article/download/28039/7567657

Sugiyono. (2010). Memahami penelitian kualitatif. Bandung: Pt Alfabeta

Chusna, R.,(2018). Strategi Peningkatan Mutu Layanan Perpustakaan Lembaga Pendidikan Islam (Studi Multisitus Di Man Tulungagung 1 Dan Man 2 Tulungagung) Tesis

Sutarno. (2006). Manajemen perpustakaan suatu pendekatan praktik. (Jakarta: CV. Sagung Seto.

Umar, H., (2005). Metode penelitian untuk skripsi dan tesis bisnis. Jakarta: PT Raja Grafindo Persada.

Usman, N., (2002). Konteks implementasi berbasis kurikulum. Jakarta : PT. Raja Grafindo Persada.

Undang-Undang Republik Indonesia Nomor 20 Tahun 2003 Tentang Sistem Pendidikan Nasional

Undang- Undang Republik Indonesia Nomor 47 Tahun 2007 Tentang Perpustakaan

Yusuf, F., (2000). Evaluasi program. Jakarta: PT. Rineka Cipta.


Article Statistic

Abstract view : 102 times
PDF views : 78 times

The PDF file you selected should load here if your Web browser has a PDF reader plug-in installed (for example, a recent version of Adobe Acrobat Reader).

If you would like more information about how to print, save, and work with PDFs, Highwire Press provides a helpful Frequently Asked Questions about PDFs.

Alternatively, you can download the PDF file directly to your computer, from where it can be opened using a PDF reader. To download the PDF, click the Download link above.

Fullscreen Fullscreen Off

Full Text: PDF

How To Cite This :

Refbacks

  • There are currently no refbacks.