Kontribusi Manajemen Waktu, Lingkungan di Rumah, dan Motivasi Siswa Terhadap Prestasi Belajar Siswa SMK

Wiwik Candra Dewi(1*)
(1) Mahasiswa Pascasarjana UST
(*) Corresponding Author
DOI : 10.30738/mmp.v2i2.4908

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengungkap : 1) kontribusi secara simultan manajemen waktu belajar, manajemen lingkungan belajar di rumah, dan motivasi belajar terhadap prestasi belajar; 2) kontribusi manajemen waktu belajar terhadap prestasi belajar siswa; 3) kontribusi manajemen lingkungan belajar di rumah terhadap prestasi belajar dan 4) kontribusi motivasi belajar terhadap prestasi belajar. Pengambilan sampel dengan menggunakan teknik total sampel dengan jumlah responden 146 siswa. Teknik pengumpulan data menggunakan kuesioner, untuk variabel manajemen waktu belajar, manajemen lingkungan belajar dan motivasi belajar, sedangkan prestasi belajar menggunakan teknik tes. Uji validitas menggunakan korelasi product moment dan reliabilitasnya menggunakan alpha Cronbach, sedangkan uji reliabilitas tes menggunakan split half. Analisis data menggunakan regresi ganda. Hasil penelitian mengungkapkan bahwa ; 1)  Secara simultan terdapat pengaruh yang positif signifikan manajemen waktu belajar, manajemen lingkungan belajar, motivasi belajar terhadap prestasi belajar; 2) Terdapat pengaruh positif signifikan manajemen waktu belajar terhadap prestasi belajar siswa; 3) Terdapat pengaruh positif signifikan manajemen lingkungan belajar di rumah terhadap prestasi belajar ; dan. 4) Terdapat pengaruh  kontribusi motivasi belajar terhadap prestasi belajar.

Keywords


manajemen waktu, lingkungan rumah, motivasi siswa, prestasi belajar

References


Amin, A. R. 2014. Sistem pembelajaran pendidikan agama islam pada perguruan tinggi. DIY : CV BUDI UTAMA

Darmadi. 2017. Pengembangan model metode pembelajaran dalam dinamika belajar siswa. DIY : CV BUDI UTAMA

Djamarah, 2015. Psikologi belajar. Jakarta : PT RINEKA CIPTA

Ginting, M. N. K., & Azis A. (2014). Hubungan antara lingkungan belajar dan manajemen waktu dengan motivasi menyelesaikan studi. Vol. 6, No.2, 91-97. (Ojs.uma.ac.id. diakses 6 juli 2019)

Kompri, 2016. Motivasi pembelajaran. Bandung : PT REMAJA ROSDAKARYA

Letisha, Z. 2016. Trik juara mengatur waktu. Jakarta Selatan: GagasMedia

Maryana, R., Nugraha, A., & Rahmawati Y. 2013. Pengelolaan lingkungan belajar. Jakarta : KENCANA PRENADA MEDIA GROUP

National Safety Council (1994). Stress management. Jones and Barlett Publisher, Inc. One Exeter Plaza. Boston, MA 02116 (original English language edition).

Opy Triansyah, 2)M Fitri Ramadhana . 2018. Pengaruh manajemen waktu dan aktifitas ekstrakulikuler terhadap prestasi belajar siswa kelas x ips sma negeri 7 medan tahun pelajaran 2015/2016. Jurnal Ekonomi Pendidikan. Vol.6: No. 4 (Online jurnal unimed.ac.id diakses 7 juli 2019).

Novita D. A., & Rini N. 2016. Analisis Pengaruh Manajemen Waktu, Motivasi Kuliah, dan Aktualisasi Diri Terhadap Prestasi Akademik Mahasiswa yang Bekerja. Diponegoro journal of management. Volume 5, No. 2. Hal. 1-10 (Online https: ejournal3.undip.ac.id diakses 7 juli 2019).

Pandang, A. 2013. Manajemen waktu belajar. Universitas Negeri Makasar

Risfandi., Busnawir., & Latief S., 2014. Pengaruh manajemen waktu terhadap hasil belajar matematika pada siswa kelas viii smps kartika xx-6 kendari. Jurnal Penelitian Pendidikan Matematika. Vol. 2 No. 1. (online ojs.oho.ac.id diakses pada 7 juli 2019).

Rukajat, A. 2018. Manajemen pembelajaran. DIY : CV BUDI UTAMA

Sorot Gunungkidul januari 2019 11: 12 00 WIB (online www.gunungkidul.sorot.co diakses pada maret 2019).

Tim MGBK, Astuti S. E. & Resminingsih. 2011. Bahan dasar untuk pelayaan konseling pada satuan pendidikan menengah, jilid I :Grasindo

Widiasworo, E. 2017. Study smart: Jakarta. PT Gramedia.

Yuswardi., & Rizal, M. F. (2016). Manajemen waktu mahasiswa kurikulum berbasis kompetensiFakultas keperawatan universitas syiah kuala. Idea Nursing Journal. Vol. VII No. 3 (online www.jurnal unsyiah.ac.id) diaskses 6 juli 2019)

Yussi. A., Syaad P., & Purnomo. 2017. Pengaruh lingkungan belajar dan disiplin belajar terhadap hasil belajar kompetensi keahlian elektronika industry di sekolah menengah kejuruan. Jurnal pendidikan: Teori penelitian dan penembangan. Hal 1650-1655. (online jurnal.um.ac.id diakses 8 juli 2019).


Article Statistic

Abstract view : 148 times
PDF views : 79 times

The PDF file you selected should load here if your Web browser has a PDF reader plug-in installed (for example, a recent version of Adobe Acrobat Reader).

If you would like more information about how to print, save, and work with PDFs, Highwire Press provides a helpful Frequently Asked Questions about PDFs.

Alternatively, you can download the PDF file directly to your computer, from where it can be opened using a PDF reader. To download the PDF, click the Download link above.

Fullscreen Fullscreen Off

Full Text: PDF

How To Cite This :

Refbacks

  • There are currently no refbacks.