Kontribusi Kepemimpinan Kepala Sekolah, Motivasi Kerja, dan Pelatihan Terhadap Keprofesionalan Guru Untuk Peningkatan Mutu Pendidikan Sekolah Dasar

Vita Dwijayanti(1*)
(1) Universitas Sarjanawiyata Tamansiswa
(*) Corresponding Author
DOI : 10.30738/mmp.v2i2.5011

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui: (1) kontribusi kepemimpinan kepala sekolah, motivasi kerja, dan pelatihan terhadap keprofesionalan guru; (2) kontribusi kepemimpinan kepala sekolah terhadap keprofesionalan guru; (3) kontribusi peran motivasi kerja terhadap keprofesionalan guru; dan (4) kontribusi pelatihan terhadap keprofesionalan guru. Penelitian ini termasuk penelitian kuantitatif dalam bentuk metode survei. Teknik pengumpulan data menggunakan angket. Teknik analisis data menggunakan analisis regresi ganda yang didahului uji persyaratan analisis, yaitu uji normalitas, uji linieritas, dan uji multikolinieritas. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) Ada kontribusi positif kepemimpinan kepala sekolah, motivasi kerja, dan pelatihan terhadap keprofesionalan guru; (2) Ada kontribusi positif kepemimpinan kepala sekolah terhadap keprofesionalan guru; (3) Ada kontribusi positif peran motivasi kerja terhadap keprofesionalan; dan (4) Ada kontribusi positif pelatihan terhadap keprofesionalan guru. Dapat disimpulkan bahwa kepemimpinan kepala sekolah, motivasi kerja, dan pelatihan berkontribusi positif terhadap keprofesionalan guru.

Keywords


kepemimpinan kepala sekolah, motivasi kerja, pelatihan guru, keprofesionalan guru, mutu pendidikan

References


Djaali. (2012). Psikologi Pendidikan. Jakarta : PT Bumi Aksara.

Fathurrohman, P., dkk. (2013). Pengembangan Pendidikan Karakter. Bandung: PT. RefikaAditama.

Imran. (2010). Pembinaan Guru Di Indonesia. Jakarta: Pustaka Jaya.

Mangkunegara, A. P. (2011). Manajemen Sumber Daya Manusia Perusahaan. Bandung : Rosdakarya.

Mulyasa, E. (2008). Kompetensi dan Sertifikasi Guru. Bandung: PT. Remaja.

Purwanto, N. (2012). Prinsip-Prinsip dan Teknik Evaluasi Pengajaran. Bandung: PT Remaja Rosdakarya.

Rozalena, A., dan Dewi, S.K. (2016). Panduan praktis menyusun dan pelatihan karyawan pengembangan karier. Bandung : Alfabet.

Rusman. (2011). Profesionalisme Guru. Jakarta : PT Raja Grafindo Persada.

Suarli dan Bahtiar. (2009), Manajemen Keperawatan Dengan Pendekatan Praktis. Jakarta : Erlangga.

Sujak, A. (2010). Kepemimpinan Manajemen, Eksistensinya Dalam Perilaku Organisasi. Jakarta: Rajawali.

Surizal (2014). “Pengaruh Pelatihan dan Kepemimpinan Terhadap Kompetensi Guru MTs Negeri Selatpanjang”. Utile Jurnal Penididikan.

Tobari. (2015). Membangun budaya organisasi pada instansi pemerintahan. Yogyakarta: Penerbit Dee publish.

Yamin, M., dan Maisah. (2010). Standarisasi Kinerja Guru. Jakarta: Persada.


Article Statistic

Abstract view : 101 times
PDF views : 67 times

The PDF file you selected should load here if your Web browser has a PDF reader plug-in installed (for example, a recent version of Adobe Acrobat Reader).

If you would like more information about how to print, save, and work with PDFs, Highwire Press provides a helpful Frequently Asked Questions about PDFs.

Alternatively, you can download the PDF file directly to your computer, from where it can be opened using a PDF reader. To download the PDF, click the Download link above.

Fullscreen Fullscreen Off

Full Text: PDF

How To Cite This :

Refbacks

  • There are currently no refbacks.