Manajemen Pembelajaran Kooperatif untuk Siswa Sekolah Menengah Pertama

Endang Sri Lestari(1*)
(1) SLB Negeri 1 Bantul
(*) Corresponding Author
DOI : 10.30738/mmp.v2i2.5851

Abstract

Penelitian ini untuk mengetahui keterterapan manajemen pembelajaran kooperatif (Cooperative learning) pada SMP di Kabupaten Bantul Yogyakarta dan dampaknya terhadap proses pembelajaran yang menyenangkan, peningkatan motivasi belajar, dan peningkatan kompetensi keterampilan sikap spiritual maupun sikap sosial. Data kuantitatif dalam penelitian ini diperoleh menggunakan metode survey ex post facto, peneliti mengumpulkan informasi menggunakan kuesioner terhadap sekelompok responden yang representative sebagai populasi. Penerapan manajemen pembelajaran kooperatif memiliki dampak yang sangat baik terhadap pengembangan pembelajaran yang menyenangkan, memberikan kesempatan seluas-luasnya kepada siswa dan meningkatkan motivasi. Melalui manajemen pembelajaran kooperatif aspek keterampilan sosial berkembang sangat baik, siswa dapat belajar bersama temannya untuk saling membantu. Terdapat pengaruh signifikan dari penerapan Manajemen Pembelajaran Kooperatif terhadap proses pembelajaran yang menyenangkan dan meningkatkan motivasi belajar, serta meningkatkan kompetensi keterampilan sikap sosial.

Keywords


manajemen pembelajaran, pembelajaran kooperatif, motivasi siswa

References


Aritonang, Keke. 2008.Minat dan Motivasi dalam Meningkatkan Hasil Belajar Siswa. Jurnal Pendidikan Penabur-No.10/Tahun ke-7/Juni, 1415.

Diponegoro, Ahmad Muhammad. 2011. Psikologi Islam. Yogyakarta: UAD Press.

Diponegoro, Ahmad Muhammad.2013. Psikologi Konseling dan Islami. Yogyakarta: Multi Presindo.

Hurlock, E. B. 2000. Psikologi Perkembangan Suatu Pendekatan Sepanjang Rentang Kehidupan. Edisi Ke Lima. Jakarta: Erlangga.

Husaini Usman. (2014). Manajemen: Teori, praktek dan riset pendidikan. Jakarta: Bumi Aksara

Kartono, Kartini. 2008. Patologi Sosial 2: Kenakalan Remaja. Jakarta : Rajawali Pers.

Muhajir, Noeng. 2005. Analisis Psikologi Positif. Pengembangan Karakter dan Empowering The Society. Edisi I. Yogyakarta: Rake Sarasin.

Mujidin, 2005. Garis Besar Psikologi Transpersonal: Pandangan Tentang Manusia dan Metode Penggalian Transpersonal serta Aplikasinya dalam Dunia Pendidikan. Humanitas. Indonesian Psychological Journal, Vol. 2.

Phinel, John. P. J. 2009. Biopsikologi. Edisi ke 7. terj. Helly Prajitno Soetjipto dan Sri Mulyantini. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.

Rejokirono, 2018. Developing model of vocational skill learning management to prepare mild mentally retarded children In entering the world of work. Jurnal Akuntabilitas Manajemen Pendidikan. Vol. 6 No 2 2018 Yogyakarta: UNY.

Rogoff, B. 1998. Cognition as Collaborative Procces. In D. Kuhn & R. S. Siegler (Eds.), Handbook off Child Psychology, (5th ed., Vol. 2), New York: Willey Sanjaya, Wina, 2007. Strategi Pembelajaran Berorientasi Standar Proses Pendidikan. Jakarta: Kencana Media Group.

Santrock, John. W. 2007. Psikologi Pendidikan. Jakarta: Kencana Prenada Media Group.

Santrock, John. W. 2011. Remaja. Edisi 11, terj. Benedictine Widyasinta. Jakarta: Erlangga.

Slavin, Robert E. 2009. Psikologi Pendidikan. Teori dan Praktik. Edisi ke Delapan. Jilid II, terj. Marianto Samosir. Jakarta: Macanan Jaya Cemerlang.

Suparta, Dewa Gede dan Wayan Lasmawan dan Marhaeni. 2015. Pengaruh Model Pembelajaran Kooperatif Tekink Make a Match Terhadap Motivasi Belajar dan Hasil Belajar IPS. E-Journal Program Pascasarjana Universitas Pendidikan Ganesha Program Studi Pendidikan Dasar, Vol 5.

Syah, Muhibbin. 2002. Psikologi Pendidikan dengan Pendekatan Baru. Bandung: PT Remaja Rosda Karya.

Terry, G.R. (1977). Principles of management. Illinois: Ricard D. Irwin: Inc.


Article Statistic

Abstract view : 250 times
PDF views : 64 times

The PDF file you selected should load here if your Web browser has a PDF reader plug-in installed (for example, a recent version of Adobe Acrobat Reader).

If you would like more information about how to print, save, and work with PDFs, Highwire Press provides a helpful Frequently Asked Questions about PDFs.

Alternatively, you can download the PDF file directly to your computer, from where it can be opened using a PDF reader. To download the PDF, click the Download link above.

Fullscreen Fullscreen Off

Full Text: PDF

How To Cite This :

Refbacks

  • There are currently no refbacks.