Manajemen Penerimaan Peserta Didik dari Keluarga Miskin untuk meningkatkan Akses dan Mutu Pendidikan

Arief Wismono(1*)
(1) SMA Negeri 1 Jetis Bantul
(*) Corresponding Author
DOI : 10.30738/mmp.v2i1.3651

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis perencanaan, pengorganisasian, pelaksanaan, dan pengawasan Penerimaan Peserta Didik Baru (PPDB) yang memberi kesempatan lebih besar bagi siswa dari keluarga miskin untuk mengikuti pendidikan menggunakan pendekatan kualitatif, yaitu suatu proses penelitian dan pemahaman yang berdasarkan pada metodologi yang menyelidiki suatu fenomena sosial dan masalah manusia. Pada pendekatan ini, peneliti membuat suatu gambaran kompleks, meneliti kata-kata, laporan terinci dari pandangan responden, dan melakukan studi pada situasi yang alami.Dengan metode kualitatif ini peneliti memperoleh data deskriptif berupa kata-kata tertulis maupun lisan dari orang-orang dan perilaku yang diamati.Hasil penelitian ini menunjukkan berbagai informasi hal-hal sebagai berikut: (1) Penerimaan peserta didik dari keluarga miskin dengan penambahan kuota di SMA N 1 Dlingo meningkatkan jumlah peserta didik di kelas X, dan secara tidak langsung kuota peserta didik kelas X dapat terpenuhi; (2) Peningkatan mutu dan prestasi peserta didik dari keluarga miskin; (3) Kerjasama sekolah dengan berbagai lembaga seperti PerguruanTinggi, Puskesmas dan berbagai instansi terkait, diiringi dengan pemenuhan 8 standar terutama proses pendidikan sangat membantu dalam meningkatkan mutu dan prestasi peserta didik.

Kata kunci: kemiskinan, akses pendidikan, mutu pendidikan

References


Bridgeland, John M, 2009. On the frontline of school. Washington D.C., Civic Enterprise, eleventh floor.

Fattah, Nanang,2012, Sistem penjaminan mutu pendidikan, Bandung: Remaja Rosda Karya,

Imron, Ali. 2012. Manajemen Peserta Didik Berbasis Sekolah. Jakarta: Bumi Aksara.

Jensen, Eric, 2009, Teaching with poverty, Virginia: ASDC, 1703N Bearugard St, Alexandria.

Mulyono. 2009. Manajemen Administrasi dan Organisasi Pendidikan, Yogyakarta:Ar-Ruz Media.

OECD (2014), PISA 2012 Results: Students and money: financial literacy skills for the 21st century (Volume VI):PISA, Paris, OECD Publishing.

OECD (2016), low-performing students: why they fall behind and how to help them succeed, :PISA, Paris OECD Publishing.

OECD Publishing, Paris,Patrice M. Engel and Maureen M. Black. The Effect of Poverty on Child Development and Educational Achievement, didownload dari https://digitalcommons.calpoly.edu tanggal 8 September 2016 jam 00.08

Pieter Serneels, Stefan Dercon. 2014. Aspiration, poverty and education, www.younglives.org.uk diunduh tanggal 8 september 2016 jam 12.46

Sagala, Syaiful. 2013. Manajemen strategik dalam peningkatan mutu pendidikan. Bandung: Alfabeta.

Servaas, van den Berg, Cobus Burger, 2011. Low quality education as a poverty trap. Stellenbosch University: Department of Economics

Sugiyono,2014 . Memahami penelitian kualitatif, Bandung:Alfabeta

Suharsimi Arikunto, Lia Yuliana. 2013. Manajemen pendidikan. Yogyakarta: Aditya Media.


Article Statistic

Abstract view : 19 times
PDF views : 15 times

The PDF file you selected should load here if your Web browser has a PDF reader plug-in installed (for example, a recent version of Adobe Acrobat Reader).

If you would like more information about how to print, save, and work with PDFs, Highwire Press provides a helpful Frequently Asked Questions about PDFs.

Alternatively, you can download the PDF file directly to your computer, from where it can be opened using a PDF reader. To download the PDF, click the Download link above.

Fullscreen Fullscreen Off

Full Text: PDF

How To Cite This :

Refbacks

  • There are currently no refbacks.