Analisis Perkuatan Wire Rope dan Tulangan Konvensional Balok Beton Bertulang Tampang T Momen Negatif Menggunakan Metode Layers (Mengabaikan Tulangan Sayap)

Dimas Langga Chandra Galuh

Sari


Metode layers merupakan analisis yang digunakan untuk melakukan analisis kapasitas suatu elemen struktur dengan cara membagi penampang elemen struktur tersebut dengan ketebalan yang bervariasi. Penelitian ini mencoba membandingkan antara hasil experimental sebelumnya yaitu balok beton bertulang tampang T yang diperkuat dengan wire rope dan tulangan konvensional pada daerah momen negatif dengan analisis dengan metode layers tanpa memperhitungkan tulangan sayap balok T. Analisis metode layers akan menghitung tiga benda uji, yaitu Balok Kontrol (BK), balok perkuatan dengan wire rope pada daerah tarik momen negatif (BP1), balok perkuatan dengan wire rope pada daerah tarik dan tulangan polos daerah tekan momen negatif (BP2). Hasil analisis memperlihatkan bahwa kapasitas lentur memiliki rasio perbandingan terhadap hasil experimental BK, BP1, dan BP2 kondisi crack terhadap pengujian berturut – turut 0,53, 0,72 dan 0,72. Sedangkan pada kondisi maximum berturut – turut adalah 1,28, 0,76, dan 0,78.


Kata Kunci


Layers, perkuatan, wire rope, kapasitas lentur.

Teks Lengkap:

PDF

Referensi


Bentz, E. dan Collins M. P., 2001, Response-2000 User Manual, http://www.ecf.utoronto.ca/~bentz/manual2/final.pdf diakses tanggal 9 Februari 2011.

Galuh, D.L.C., 2011, Efektifitas Penggunaan Kabel Baja dan Komposit Mortar Sebagai Perkuatan Momen Negatif Balok Beton Bertulang Tampang T dengan Penambahan Tulangan Konvensional pada Blok Tekan, Tesis, Program Pasca Sarjana Universitas Gadjah Mada, Yogyakarta.

Park, R. dan Paulay, T., 1975, Reinforced Concrete Structure, John Wiley & Sons Inc, Canada.

Triwiyono, A., 2004, Perbaikan dan Perkuatan Struktur Beton, Bahan Ajar Topik Spesial, Teknik Struktur, Program Pascasarjana UGM, Yogyakarta.

Wong, P.S. dan Vecchio, F.J, 2002, Vector2 & Form Works User’s Manual, http://www.ecf.utoronto.ca/~bentz/manual2/final.pdf diakses tanggal 9 Februari 2011.

Y. Haryanto, “Efektifitas Wire Rope Sebagai Perkuatan Pada Daerah Momen Negatif Balok Beton Bertulang Tampang T,” Jurnal Dinamika Rekayasa, Vol. 8, No. 1, Februari 2012.


Article Metrics

Sari view : 72 times
PDF - 63 times

Refbacks

  • Saat ini tidak ada refbacks.


##submission.copyrightStatement##