Analisis Daya Dukung Fondasi Cerucuk Pada Pembangunan Jalan Poncosari – Greges Menggunakan Program Plaxis

Riyuojumadi, Kabul Basah Suryolelono, Zainul Faizien Haza

Sari


Fondasi cerucuk adalah salah satu jenis fondasi yang biasa diaplikasikan dengan kondisi tanah lunak yang memiliki karakteristik antara lain indeks plastisitasnya tinggi, yang membuat tanah ini memiliki perilaku mengembang saat terkena air. Selain itu, tanah lunak juga memiliki daya dukung yang rendah dan kompresibilitasnya besar. Mekanisme hilangnya keseimbangan dapat terjadi pada tanah dengan daya dukung yang rendah, akibat dari beban berat tanah itu sendiri.

Tujuan dari tugas akhir ini adalah untuk mengetahui daya dukung tiang tunggal dan kelompok tiang fondasi cerucuk dengan menggunakan data sondir, serta metode elemen hingga menggunakan program PLAXIS 3D FOUNDATION.

Adapun metode yang digunakan pada tugas akhir ini adalah dengan cara studi pustaka, pengumpulan data sekunder yang dibutuhkan,  dilanjutkan dengan analisis manual dan analisis dengan PLAXIS 3D FOUNDATION.

Hasil perhitungan yang dilakukan, diperoleh daya dukung tiang tunggal 31,07 kN, daya dukung kelompok tiang 298,27 kN, dan dengan menggukan program PLAXIS 3D FOUNDATION dihasilkan daya dukung tiang tunggal 7,95 kN, dan daya dukung kelompok tiang 106,08 kN. Daya dukung tiang tunggal dan kelompok tiang dianggap aman karena mampu menahan tegangan yang terjadi di atasnya.


Kata Kunci


Daya dukung fondasi cerucuk, tiang tunggal, kelompok tiang, PLAXIS 3D FOUNDATION

Teks Lengkap:

PDF

Article Metrics

Sari view : 47 times
PDF - 51 times

Refbacks

  • Saat ini tidak ada refbacks.


##submission.copyrightStatement##