Analisis Shear Wall Gedung Fakultas Pertanian Universitas Sarjanawiyata Tamansiswa Terhadap Beban Dinamik Dengan Metode Elemen Hingga

Teguh Setio Budi, Iskandar Yasin, Agus Priyanto

Sari


Wilayah Indonesia merupakan Negara yang rawan terjadi gempa bumi. Tingginya potensi gempa bumi disebabkan letak geografis lndonesia yang berada pada pertemuan tiga lempeng tektonik utama, yaitu lempeng Eurasia, Pasifik, dan IndoAustralia. Dengan adanya kejadian gempa di Indonesia yang mengalcibatkan kerusakan dan kerugian yang sangat besar terhadap bangunan, maka diperlukan pengembangan analisis gempa terhadap struktur.

Ada dua pendekatan yang digunakan untuk memperhitungkan beban lateral (gempa bumi) yang bekerja pada struktur bangunan, yaitu analisis secara static ekuivalen dan analisis dinamik (Respon Spektrum). Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui keamanan gedung ditinjau dari displacement, interstory drift, dan base shear. Hasil dari penelitian ini dianalisis dengan kinerja struktur batas ultimit dan kinerja struktur batas layan. Metode yang digunakan adalah respon spectrum dengan menggunakan program SAP 2000 v14. Metode respon spectrum adalah metode analisis struktur bangunan dengan menggunakan spekturm gempa yang digambarkan dalam bentuk kurva hubungan antara periode struktur bangunan dengan nilai percepatan bangunan itu sendiri ketika terkena beban gempa.

Kesimpulan dari penelitian ini menunjukkan bahwa nilai displacement lantai teratas pada arah X adalah 0,065 m dan pada arah Y ada.lah 0,061 m. Analisis nilai displacement terhadap kinerja batas layan ((0,03/R)*H} pada bangunan gedung fakultas pertanian Universitas Sarjanawiyata Tamansiswa Yogyakarta dari pengaruh beban rencana arah X dan arah Y sudah memenuhi syarat kinerja batas layan. Nilai displascement antar lantai pada bangunan gedung fakultas pertanian Universitas Sarjanawiyata Tamansiswa Yogyakarta tidak melampaui batas displacement maksimum.


Kata Kunci


Respon Spektrum, Displacement, Interstory Drifi, Base Shear

Teks Lengkap:

PDF

Article Metrics

Sari view : 41 times
PDF - 119 times

Refbacks

  • Saat ini tidak ada refbacks.


##submission.copyrightStatement##