Karakteristik Arus Lalu Lintas Jalan di Ruas Jalan Godean

Dwita Pratmia Kirana Murni, Zainul Faizien Haza, Widarto Sutrisno

Sari


Kota  Yogyakarta merupakan salah satu kota diIndonesia yang sangat pesat perkembangannya, kota yang terkenal akan wisata, kesenian, budaya dan terkenal akan kota pelajar ini sering menjadi pilihan dari berbagai kota di Indonesia untuk menempuh ilmu dan bekerja, maka tak heran jika banyak  pendatang baik dari dalam negeri maupun dari luar negeri. Hal ini mengakibatkan berbagai  dampak negatif di Yogyakarta, salah satunya pada bidang transportasi. Ketidakseimbangan  antara  kapasitas jalan dengan volume kendaraan menyebabkan timbulnya kemacetan. Salah satu ruas  jalan di Yogyakarta yang perlu diperhatikan adalah Ruas Jalan Godean. Kendaraan yang  melakukan mobilisasi pada ruas jalan tersebut hampir semua jenis kendaraan, dari kendaraan ringan (LV) sampai kendaraan berat (HV), sehingga lalu lintas menjadi padat.

Dibutuhkan evaluasi dan analisis untuk  mengetahui karatkeristik Ruas Jalan Godean, evaluasi  arus  lalu lintas ini menggunakan  metode survey counting dan perhitungan analisis menggunakan perbandingan antara Pedoman Kapasitas Jalan Indonesia (Pedoman Kapasitas Jalan Indonesia, 2014).

Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa volume arus lalu lintas pada jam 12.00 - 13.00  dengan jumlah kendaraan 3708  kend/jam. Arus lalu lintas yang terjadi pada  Ruas Jalan Godean pada hari Kamis selama dua jam dari arah Barat - Timur sebesar  1506,15 skr/jam, dan arah Timur – Barat sebesar 1422,3 skr/jam. Arus  lalu  lintas  yang  terjadi  pada  Ruas Jalan Godean pada hari Minggu selama dua jam dari arah Barat - Timur sebesar  1419,2 skr/jam,  dan arah Timur – Barat sebesar 1404.6 skr/jam. 


Kata Kunci


Kota Yogyakarta, Jalan Godean, permasalahan lalu lintas

Teks Lengkap:

PDF

Article Metrics

Sari view : 90 times
PDF - 294 times

Refbacks

  • Saat ini tidak ada refbacks.


##submission.copyrightStatement##