Analisis Elemen Hingga Perilaku Lentur Balok Kayu Jati (Tectonagrandis) Dengan Takikan Pada Tengah Bentang

M. Afif Shulhan

Sari


Kayu Jati (Tectonagrandis) merupakan kayu yang banyak tumbuh di pulau Jawa dan digunakan sebagai material konstruksi bangunan tradisional Joglo. Hingga saat ini tercatat banyak bangunan Joglo dengan kategori bangunan cagar budaya. Seiring bertambahnya usia bangunan Joglo, maka akan semakin rentan terhadap pelapukan yang berakibat menimbulkan pengurangan luas penampang sehingga kapasitas elemen strukturnya akan menurun. Dengan demikian perlu dilakukan usaha untuk memperkirakan penurunan kapasitas dari pelapukan pada elemen struktur. Penelitian ini akan mengamati secara numerik mengenai perilaku lentur dari elemen balok Kayu Jati yang mengalami pelapukan yang disimulasikan dengan takikan pada tengah bentang.

Algoritma MATLAB digunakan dalam penelitian ini untuk memodelkan balok Kayu Jati sebagai material non-linier dan orthotropik. Pelapukan kayu disimulasikan dengan membuat takikan berukuran 40x60x100 mm di tengah bentang. Data mekanik material diperoleh dari studi terdahulu dan eksperimenberdasarkan ASTM D143-94(2000). Model balok Kayu Jati memiliki panjang bentang 990 mm dan dimensi penampang 60 x 80 mm. Balok Kayu Jati dimodelkan dengan elemen quadrilateral dalam asumsi planestress. Sifat non-linier material mengikuti Hill’s yield function dengan associated flow rule. Selanjutnya, hasil analisis elemen hingga divalidasi menggunakan data pengujian eksperimental pada studi terdahulu.

Hasil analisis numerik memperlihatkan bahwa kurva beban-perpindahan ketiga jenis model balok Kayu Jati memiliki kesesuaian dengan hasil eksperimen uji lentur. Pola kegagalan dari semua jenis balok Kayu Jati menunjukkan bahwa kegagalan terjadi pada fase plastis (fase non-linier). 


Kata Kunci


Kuat lentur, Balok kayu Jati, takikan, elemen hingga, plane stress

Teks Lengkap:

PDF

Article Metrics

Sari view : 21 times
PDF - 23 times

Refbacks

  • Saat ini tidak ada refbacks.


##submission.copyrightStatement##