Pengembangan Pasar Induk Jatibarang Kabupaten Indramayu

Agus Purwanto, Tira Roesdiana

Sari


Pasar Induk Jatibarang berada di Desa Jatibarang, Kecamatan Jatibarang, Kabupaten Indramayu – Jawa Barat.Pasar Induk Jatibarang merupakan Pasar Tradisional yang letaknya strategis. Untuk kondisi Pasar Induk Jatibarang saat ini sudah mulai tidak teratur, dari segi infrastruktur  sudah tidak layak digunakan karena pernah terjadi kebakaran di lantai dua pada tahun 2014. Ruang di dalam pasar pengap dan becek, sirkulasi udaranya tidak baik, jenis setiap pedagang tidak dipisahkan sesuai dengan bloknya, kapasitas ruang pasar yang tidak sesuai dengan jumlah pengunjung dan pedagang, terjadi kemacetan disekitar kawasan  pasar  dikarenakan aktivitas dari pasar tersebut.

Pengambangan pasar adalah salah satu solusi untuk mengatasi masalah tersebut diatas. Penentuan strategi pengembangan pasar mengguanakan metode analisis Strenghts Opportunities Aspirations Results (SOAR). Redesign bangunan gedung pasar menjadi 3 (tiga) lantai dengan penambahan fasilitas sarana dan prasarana dan tata ruang pasar yang berdasarkan peraturan SNI 8152 : 2015 tentang Pasar Rakyat. Redesign pasar tersebut menggunakan bantuan software dengan Autocad dan SketchUp.

Hasil dari penelitian ini yaitu Pasar Induk Jatibarang dikembangkan menjadi Pasar Modern dengan dibangun 3 lantai dan untuk kawasan Pasar Induk Jatibarang ditambahkan fasilitas lain sesuai dengan peraturan yang ada.


Kata Kunci


Pengembangan, Pasar, Analisis Soar

Teks Lengkap:

PDF

Article Metrics

Sari view : 16 times
PDF - 17 times

Refbacks

  • Saat ini tidak ada refbacks.


##submission.copyrightStatement##