Analisis Biaya Formwork PT.DKP Dan PT. SAP Pada Pekerjaan Sabo Dam (Studi Kasus Pada Proyek Construction and Rehabilitation of Urgent Sabo Facilities in Mt. Merapi Area)

Bagus Tri Winarso, Zainul Faizien Haza, Widarto Sutrisno

Sari


Pemakaian formwork dalam pekerjaan konstruksi sangat berpengaruh besar pada biaya proyek. Biaya formwork berpengaruh 35% sampai 60% terhadap suatu pekerjaan beton. Pemilihan bahan dan metode yang tepat dapat mengefisiensi biaya pekerjaan formwork. Sabo dam adalah dinding penahan sedimen dan juga berfungsi sebagai kantong lahar.

Pada penelitian ini diamati metode pelaksanaan dan biaya pekerjaan formwork Sabo Dam antara PT. DKP yang menggunakan panel multiplex dan rangka hollow dengan metode tie rod  dan PT. SAP yang menggunakan plasticon method. Proyek berada di Muntilan, Magelang, Jawa Tengah. Pengambilan data dilakukan dengan pengamatan lapangan dan wawancara. Kemudian biaya didapatkan dari analisis lapangan dan perhitungan koefisien yang mengacu pada Permen PU-PR no 28 tahun 2016.

Penelitian ini juga memberikan hasil hitungan kebutuhan bahan, alat, dan tenaga kerja dan biayanya dimana rata-rata biaya pekerjaan formwork  PT. DKP sebesar Rp 172.480/m2 sedangkan PT. SAP sebesar Rp 183.191/m2. Jika seluruh pekerjaan Sabo Dam dan pekerjaan beton dikerjakan oleh masing-masing sub-kontraktor, diperoleh prosentase terhadap RAB oleh PT. DKP   21,88% dan PT. SAP 20,83%.


Kata Kunci


analisis harga satuan pekerjaan, Formwork, metode kerja, Sabo Dam

Teks Lengkap:

PDF

Article Metrics

Sari view : 8 times
PDF - 18 times

Refbacks

  • Saat ini tidak ada refbacks.


##submission.copyrightStatement##