Penyerahan

Penyerahan Online

Sudahkah memiliki nama pengguna dan kata sandi untuk SCIENCE TECH: Jurnal Ilmiah Ilmu Pengetahuan dan Teknologi?
Ke Login

Butuh nama pengguna dan kata sandi?
Ke registrasi

Registrasi dan login dibutuhkan untuk memasukkan naskah dan kelengkapannya secara online dan untuk mengecek status naskah saat ini.

 

Petunjuk Penulis

PEDOMAN PENULISAN ARTIKEL UNTUK

SCIENCE TECH

 

  1. SCIENCE TECH menerbitkan hasil penelitian dan kajian ilmiah tentang Science, Technology, Engineering, dan Mathematics
  2. Artikel harus asli, dalam arti belum pernah dipublikasikan dalam jurnal lain atau sedang dipertimbangkan untuk dipublikasikan pada jurnal lain dan terbebas dari unsur plagiarism
  3. Penulisan naskah menggunakan bahasa Indonesia atau bahasa Inggris secara benar. Panjang naskah antara 8 – 15 halaman, kertas ukuran A4, diketik 1 spasi,  Word tahun 2003 ke atas, Times New Roman, font size 12, margin atas 2 cm; bawah 3 cm, kanan 2,5cm, dan kiri 2,5 cm.
  4. Artikel ditulis dengan sistematika dan ketentuan sebagai berikut.

(a)   Judul: ditulis dengan singkat padat, maksimal 14 kata,

(b)   Nama Penulis: ditulis tanpa gelar, letaknya di bawah judul; artikel yang berasal dari penelitian kelompok, semua anggota harus dicantumkan dengan urutan yang sama.

(c)   Instansi dan Alamat Penulis: ditulis nama instansi tempat penulis berasal dan alamat e-mail yang letaknya di bawah nama penulis; jika penulis lebih dari seorang, alamat e-mail cukup ketuanya.

(d)   Abstrak: ditulis dalam dua bahasa, Indonesia dan Inggris, satu alenia yang panjangnya antara 120-150 kata.

(e)   Kata Kunci: diisi kata atau istilah yang mencerminkan esensi konsep dalam cakupan permasalahan, terdiri atas beberapa buah kata/istilah dan disebut dalam judul/abstrak. Kata kunci ditulis di bawah abstrak dengan jarak satu baris dan dicetak miring-tebal.

(f)    Batang Tubuh Artikel: (i) Artikel kajian ilmiah terdiri atas pendahuluan yang berisi permasalahan dan kerangka pikir atau kerangka analisis, sub-subjudul yang berisi pembahasan, dan kesimpulan. (ii) Artikel hasil penelitian terdiri atas pendahuluan yang memuat latar belakang masalah (maksimal 20%), metode (15%), hasil dan pembahasan (60%), serta kesimpulan (5%). Pembahasan harus merujuk referensi primer dan mutakhir.

(g)   Ucapan Terima Kasih: ditujukan kepada berbagai pihak yang membantu penulisan, misalnya sponsor penelitian dan narasumber

(h)   Daftar Pustaka: diusahakan paling banyak dari sumber primer (jurnal) dan hanya mencantumkan sumber yang ditunjuk di dalam batang tubuh artikel. Sebaliknya, nama yang dirujuk dalam batang tubuh harus ada dalam daftar pustaka.

  1. Cara merujuk pengarang di dalam batang tubuh artikel harus menyebutkan nama belakang pengarang, tahun. Contoh: (Mitchel, 2012), atau Mitchel (2012). Rujukan lewat pengarang kedua sedapat mungkin dihindari. Misalnya: Widodo (lewat Macaryus, 2012).
  2. Artikel yang masuk ke meja redaksi dibaca dan direkomendasikan oleh mitra bestari serta direviu dan diseleksi oleh redaktur. Artikel dapat diterima tanpa perbaikan, diterima dengan perbaikan, atau ditolak.

 

Pemberitahuan Hak Cipta

Jurnal ini menyediakan akses terbuka yang pada prinsipnya membuat riset tersedia secara gratis untuk publik dan akan mensupport pertukaran pengetahuan global terbesar