PENGEMBANGAN LEMBAR KEGIATAN SISWA (LKS) MATEMATIKA BERBASIS ETNOMATEMATIKA KRATON YOGYAKARTA

Dafid Slamet Setiana

Sari


Tujuan penelitian ini adalah untuk: (1) Mendeskripsikan tahapan pengembangan Lembar Kegiatan Siswa (LKS)  matematika berbasis etnomatematika Kraton Yogyakarta, (2) Menghasilkan Lembar Kegiatan Siswa (LKS) matematika berbasis etnomatematika Kraton Yogyakarta yang valid, praktis, dan efektif. Penelitian ini menggunakan model penelitian pengembangan (Research and Development). Penelitian dilakukan dengan mengembangkan Lembar Kegiatan Siswa (LKS) matematika berbasis etnomatematika Kraton Yogyakarta kemudian menguji penerapannya pada pembelajaran. Instrumen yang digunakan untuk memperoleh data dalam penelitian berupa tes matematika dan lembar observasi. Teknik analisis data yang digunakan adalah analisis deskriptif kualitatif dan kuantitatif.

Hasil penelitian ini adalah sebagai berikut: (1) Model Pengembangan Lembar Kegiatan Siswa (LKS) menggunakan model pengembangan Plomp, (2) Produk yang dihasilkan berupa Lembar Kegiatan Siswa (LKS) berbasis etnomatematika Kraton Yogyakarta pada Materi Geometri, (3) Menghasilkan Lembar Kegiatan Siswa (LKS) matematika berbasis etnomatematika Kraton Yogyakarta yang valid, praktis, dan efektif.

Kata Kunci


Lembar Kegiatan Siswa (LKS); Etnomatematika; Kraton Yogyakarta

Referensi


Bishop, J.A. (1994b). Cultural Conplicts in the Mathematics Education of Indigenous people. Clyton, Viktoria: Monash University.

D’Ambrosio, U. (2006). Preface. Prosiding, International Congress of Mathematics Education Copenhagen. Pisa: University of Pisa.

Gerdes, P. (1994). Reflection on Ethnomatematics. For the Learning of Mathematiccs, 14(2), 19-21

Marsigit. 2012. Ritual Mathematics. Tersedia online: http://powermathematics.blogspot.co.id/2012/10/ritual-mathematics.html. Diakses tanggal 9 Agustus 2017.

Plomp, T. (1997). Educational and training system design. Enschede. The Netherlands: University of Twente.

Soedjadi,R. (2007). Masalah Konstekstual sebagai Batu Sendi Matematika Sekolah. Surabaya: Pusat Sains dan Matematika Sekolah UNESA.

Suhadi. 2007. Penyusunan Perangkat Pembelajaran dalam Kegiatan Lesson Study. Makalah disampaikan pada Pelatihan Lesson Study untuk Guru SMP se-Kabupaten Hulu Sungai Utara. Hulu Sungai Utara, Kalimantan 27-31 Mei 2007.

Witton, P., Elliott, M. (2003). Indonesia (7th ed.). Footscray: Lonely Planet Publications.

Zhang, W. & Zhang, Q. (2010). Ethnomathematics and its integration within the mathematicscurriculum. Journal of Mathematics Education. 3(1), pp. 151-157. Diakses tanggal 5 Agustus 2016 dari http://educationforatoz.com/images/_12_Weizhong_Zhang_and_Qinqiong_Zhang,pdf




DOI: http://dx.doi.org/10.30738/science%20tech.v4i2.3054

Refbacks

  • Saat ini tidak ada refbacks.


_____________________________________________

Science Tech: Jurnal Ilmu Pengetahuan dan Teknologi

ISSN 2460-6286 (Print)

ISSN 2579-3624 (online)

 

 Lisensi Creative Commons
Ciptaan disebarluaskan di bawah Lisensi Creative Commons Atribusi-BerbagiSerupa 4.0 Internasional.

View My Stats