PERAN PROGRAM PEMBERDAYAAN MUSYAWARAH GURU MATA PELAJARAN ILMU PENGETAHUAN ALAM (MGMP IPA) DALAM

Asep Agus Sulaeman

Sari


Tujuan penelitian ini adalah mengetahui peran program pemberdayaan MGMP guru IPA dalam: 1) Memberdayakan pengurus MGMP dalam mengembangkan program peningkatan kompetensi guru IPA SMP; 2)Meningkatkan kompetensi guru IPA SMP. Kajian ini juga bertujuan untuk mengetahui respons guru terhadap pelaksanaan program
diklat peningkatan kompetensi yang dikembangkan pengurus MGMP. Subyek penelitian ini adalah 30 orang yang terdiri atas 1 orang pengurus, satu orang guru inti, satu orang kepala sekolah, satu orang pengawas, dan dua puluh enam orang guru anggota MGMP Jakarta Timur. Kajian dilakukan pada bulan Maret s.d. April 2015. Kajian ini
menggunakan metode deskriptif, yaitu menggambarkan kemampuan pengurus MGMP dalam mengembangkan program peningkatan kompetensi guru dan persepsi guru terhadap peningkatan kompetensinya, serta menggambarkan respons guru terhadap
pelaksanaan program diklat. Data diperoleh dengan mengkaji dokumen program diklat serta bahan ajar yang dikembangkan pengurus dan guru inti, mengkaji jurnal belajar yang disusun oleh guru, serta pengisian kuesioner respons oleh guru. Data yang diperoleh dianalisis secara deskriptif kualitatif dan kuantitatif. Berdasarkan hasil kajian menunjukkan bahwa kemampuan pengurus dan guru inti masih belum optimal dalam mengembangkan program PKB secara mandiri untuk anggotanya sehingga masih memerlukan bantuan profesional dari lembaga diklat guru IPA. Adapun persepsi guru setelah mengikuti kegiatan diklat di MGMP, mereka merasakan peningkatan pengetahuan dan keterampilan di bidang materi subjek maupun pedagogi sehingga merasakan manfaatnya untuk dapat diaplikasikan dalam pembelajaran di sekolah. Para guru juga
memberikan respons yang baik untuk program, fasilitator, dan proses pelaksanaan program.


Kata Kunci


Pemberdayaan, Kompetensi Guru, MGMP, dan Guru IPA

Teks Lengkap:

PDF


DOI: http://dx.doi.org/10.30738/science%20tech.v2i2.377

Article Metrics

Sari view : 310 times
PDF - 119 times

Refbacks

  • Saat ini tidak ada refbacks.


_____________________________________________

Science Tech: Jurnal Ilmu Pengetahuan dan Teknologi

ISSN 2460-6286 (Print)

ISSN 2579-3624 (online)

 

 Lisensi Creative Commons
Ciptaan disebarluaskan di bawah Lisensi Creative Commons Atribusi-BerbagiSerupa 4.0 Internasional.

View My Stats