IMPLEMENTASI NITENI, NIROKKE, NAMBAHI MENGGUNAKAN MEDIA AUDIO VISUAL DALAM PEMBELAJARAN ANAK USIA DINI

Rio Septian

Sari


ABSTRAK

Pendidikan anak usia dini adalah suatu upaya pembinaan yang ditujukan kepada anak sejak lahir sampai usia enam tahun yang dilakukan melalui pemberian rangsangan pendidikan untuk membantu pertumbuhan dan perkembangan jasmani dan rohani agar anak memiliki kesiapan dalam memasuki pendidikan lebih lanjut. Tujuan makalah ini ialah mendeskripsikan implementasi niteni, nirokke, nambahi gerakan senam penguin menggunakan media audio visual pada peserta didik SPS PAUD Gembira.  Implementasi konsep 3 N yang dilakukan oleh peserta didik SPS PAUD Gembira sebagai berikut: Niteni yaitu menyaksikan, serta mengamati video audio gerakan senam penguin yang sedang diputar di televisi; Nirokke yaitu menirukan semua gerakan senam penguin sesuai atau sama persis dengan video audio yang ditayangkan di televisi, serta Nambahi yaitu menambahkan gerakan baru yang tidak ada dalam gerakan senam penguin yang ditayangkan di televisi sesuai kemampuan motorik dan reflek dari tiap-tiap peserta didik.

 

Kata Kunci: Konsep 3N (Niteni, Nirokke, Nambahi), implementasi, media video audio,            gerakan senam penguin

 

ABSTRACT        

Early childhood education is a coaching effort aimed at children from birth to the age of six years which is carried out through the provision of educational stimuli to help physical and spiritual growth and development so that children have readiness to enter further education. The objectives of this paper is to describe the implementation of 3N concept (niteni, nirokke, nambahi) of penguin gymnastict movement using audio visual media for SPS PAUD students. Implementation of 3N concept (Niteni, Nirokke, Nambahi) of penguin gymnastict movement, that is Niteni that is watched, and observed the audio video of the penguin gymnastics movement being played on television, Nirokke that is  mimic/imitate all movements of penguin gymnastics in accordance excatly with audio video being played on television, Nambahi that is adding new movements that are not in the penguin gymnastics movements being played on television.

 

Key words: 3N Concept (Niteni, Nirokke, Nambahi), implementation, audio video media,            penguin gymnastics movements

 


Teks Lengkap:

PDF

Referensi


Daftar Pustaka

Anderson, R.H. (1994). Pemilihan dan Pengembangan Media Video Pembelajaran. Jakarta: Grafindo Pers.

Arsyad, Azhar. (2016). Media Pengajaran. Jakarta: PT Raja Grafindo Persada.

Budiati, Nuning, Istiqomah, Agustina Sri Purnami, dan Denik Agustito. (2018). Penerapan Konsep 3N (Niteni, Nirokke, Nambahi) Dalam Pembelajaran Matematika. Prosiding Seminar Nasional Etnomatnesia: 486-490.

Daryanto. 2016. Media Pembelajaran. Yogyakarta: Gava Media.

Fitria, Ayu. (2014). Penggunaan Media Audio Visual Dalam Pembelajaran Anak Usia Dini. Cakrawala Dini: Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, Vol. 5, No.2: 57-62.

Fithri, Radhiyatul, dan Rensia Pradipta. (2017). Penerapan Media Audio Visual Untuk Meningkatkan Perkembangan Moral Anak Usia 5-6 Tahun di PAUD Cemara Indah Kota Pekanbaru. PAUD Lectura: Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, Vol. 1, No. 1: 60-71

Magta, Mutiara. (2013). Konsep Pendidikan Ki Hajar Dewantara Pada Anak Usia Dini. Jurnal Pendidikan Usia Dini, Vol. 7, Edisi 2: 221-232.

Rivai, Ahmad., dan Nana Sudjana. (2014). Teknologi Pengajaran. Bandung: C.V Sinar Baru Algensindo.

Riyana, Cheppy. (2015). Pedoman Pengembangan Media Video. Jakarta: P3AI UPI.

Amalia, Ika Fitri, Mai Istiqomatul Mashluhah, dan Maria F. Fernandez. (2017). Pengaruh Metode Pembelajaran 3N (Niteni, Nirokke, Nambahi) Terhadap Keterampilan Menulis Puisi Pada Mata Pelajaran Bahasa Indonesia Siswa Sekolah Dasar. Prosiding TEP & PDs Transformasi Pendidikan Abad 21, Tema 4, No.20: 304-309.

Rusman, Deni Kurniawan dan Cepi Riyana. (2015). Pembelajaran Berbasis Teknologi Informasi Pendidikan. Jakarta: PT Raja Grafindo Persada.

Sumiyati dan Sri Adi Widodo. (2018). Pengaruh Konsep 3N “Niteni, Nirokke, Nambahi” Terhadap Prestasi Belajar Matematika Ditinjau dari Keaktifan Siswa Kelas X SMK. Prosiding Seminar Nasional Etnomatnesia: 761-768.

Suroso. (2011). Pemikiran Ki Hadjar Dewantara Tentang Belajar dan Pembelajaran. Scholaria Jurnal Pendidikan dan Kebudayaan, Vol.1 No.1: 46-72.

Suyadi dan Maulidya Ulfah. (2015). Konsep Dasar PAUD. Bandung: Remaja Rosdakarya.

Ulfatin, N. (2015). Metode Penelitian Kualitatif di Bidang Pendidikan: Teori dan Aplikasinya. Malang: Bayumedia Publishing.


Article Metrics

Sari view : 86 times
PDF - 0 times

Refbacks

  • Saat ini tidak ada refbacks.