Manajemen Program Sekolah Ramah Anak dalam Meningkatkan Pendidikan Karakter Siswa Madrasah Aliyah

Farida Rahmawati

Sari


Sekolah sebagai lembaga pendidikan formal diharapkan dapat menjadi tempat yang aman dan nyaman bagi siswa untuk belajar dan pembentuk karakter. Namun pada kenyataannya masih ada beberapa sekolah yang belum memberikan rasa aman dan nyaman bagi siswanya. Terbukti masih banyak kasus kekerasan yang lahir di lingkungan sekolah. Selain itu belum ada kekompakan dan sinergisitas antara Kepala Sekolah, Guru dan Pegawai dalam melaksanakan program sekolah ramah anak. Maka dari itu diperlukan manajemen yang baik dalam membuat tatanan dan kebijakan untuk mewujudkan sekolah yang ramah anak sehingga karakter siswa akan terbentuk. Tujuan dalam penelitian ini untuk mendapatkan gambaran data tentang manajemen program sekolah ramah anak guna meningkatkan pendidikan karakter siswa madrasah aliyah. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode deskriptif dengan pendekatan kualitatif. Sumber data dalam penelitian ini terdiri atas data primer dan data sekunder. Data primer dalam penelitian ini diperoleh dari hasil wawancara langsung dengan informan. Sedangkan data sekunder diperoleh melalui penelusuran data pustaka. Pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakan metode wawancara, observasi dan dokumentasi. Uji keabsahan data menggunakan tri angulasi sumber. Hasil penelitian bahwa manajemen program sekolah ramah anak yang dimulai dari perencanaan, pelaksanaan sampai pengawasan yang dilakukan di MAN 1 Kulon Progo masih perlu pembinaan lebih lanjut. Perencanaan kebijakan belum melibatkan semua stakeholder dan masih terpusat pada komando dari Kepala Madrasah, sehingga pelaksanaanya belum menunjukan adanya sinergisitas antara Kepala Madrasah, Guru dan Pegawai. Perlu dilakukan pengawasan terhadap pelaksanaan program sekolah ramah anak agar karakter siswa dapat terbentuk dengan baik.

Kata kunci: manajemen, sekolah ramah anak, karakter siswa


Referensi


Milles and Huberman. 1992. Analisis Data Kualitatif. Jakarta : Universitas Indonesia

Norman K. Denzin & Yvoma S. Lincoln. 2009. Handbook of Qualitative Research, Yogyakarta : Pustaka Pelajar.

Suharsimi Arikunto.(2006). Prosedur Penelitian Pendidikan. Bandung : Remaja Rosdakarya

Wahyudi. (2009) Kepemimpinan Kepala Sekolah dalam Organisasi Pembelajran. Bandung : Alfabeta

Peraturan Menteri Agama Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak no.8 tahun 2014 tentang Kebijakan Sekolah Ramah Anak


Refbacks

  • Saat ini tidak ada refbacks.