IMPLEMENTASI KEPEMIMPINAN KI HAJAR DEWANTARA DALAM MANAJEMEN PEMBELAJARAN PRAKTIK AKUNTANSI DI SMK TAMTAMA KARANGANYAR KEBUMEN

Diah Purwatiningsih

Sari


Penelitian ini mendeskripsikan: 1) implementasi ing ngarsa sung tuladha dalam manajemen pembelajaran praktik akuntansi; 2) implementasi ing madya mangun karsa dalam manajemen pembelajaran praktik akuntansi; 3) implementasi tut wuri handayani dalam manajemen pembelajaran praktik akuntansi; 4) manajemen pembelajaran praktik akuntansi; 5) faktor yang mendukung dan menghambat manajemen pembelajaran praktik akuntansi; 6) efektifitas pembelajaran praktik akuntansi. Penelitian ini deskriptif kualitatif. Penelitian ini dilakukan di SMK Tamtama Karanganyar, Kebumen. Sumber data dalam penelitian ini adalah lapangan dengan subjek yaitu guru akuntansi. Teknik pengumpulan data yang dilakukan dengan cara wawancara, observasi, dan dokumentasi. Analisis data dalam penelitian ini adalah deskriptif kualitatif dan keabsahan data dengan triangulasi. Hasil penelitian ini bahwa guru SMK Tamtama Karanganyar, Kebumen telah mengimplementasikan sebagai berikut: 1) Ing ngarsa sung tuladha dalam manajemen pembelajaran praktik akuntansi; 2) Ing madya mangun karsa dalam manajemen pembelajaran praktik akuntansi; 3) Tut wuri handayani dalam manajemen pembelajaran praktik akuntansi; 4) manajemen pembelajaran praktik akuntansi, 5) faktor mendukung dan menghambat manajemen pembelajaran praktik akuntansi; 6) efektifitas pembelajaran praktik akuntansi


Referensi


Kamil, Murtofa. (2012). Model pendidikan dan pelatihan. Bandung: Alfa Beta.

Ki Suratman. (2016). Metode penelitian manajemen. Bandung: Alfabeta.

Tin Dels Marce Ndawu, Welius Purbonuswanto, Implementasi Kepemimpinan Ki Hajar Dewantara Dalam Manajemen Pembelajaran Praktik, Jurnal Media Manajemen Pendidikan UST Volume 2 No. 1 Juni 2019 p – ISSN: 262-772X e-ISSN: 2622-3694

Sugiyono. (2016). Metode penelitian manajemen. Bandung: Alfabeta.

Suharsimi. (2013). Prosedur penelitian. Jakarta: Rineka Cipta.

Trianto. 2007. Model-model pembelajaran inovatif berorientasi konstruktifvistil. Jakarta: Prestasi Pustaka.

Fatah, Nanang. 2001. Landasan Manajemen Pendidikan. Bandung: Rosda Karya

Fathurrohman,Pupuh dan Sutikno, Sobry. 2007. Strategi Belajar Mengajar. Bandung: Refika Aditama

Jusup, Al.Haryono. 2005. Dasar-dasar akuntansi yogyakarta : Sekolah Tinggi Ilmu Ekonomi YKPN

Kodoatie, Robert J. dan Sjarief, Roestam. 2010. Tata Ruang Air. Yogyakarta: Andi.

https://sultengraya.com/41152/makna-trilogi-pendidikan-ki-hajar-dewantara/ diakses tanggal 10 September 2019


Refbacks

  • Saat ini tidak ada refbacks.