Penerapan Sistem Among dan Ajaran Brahmavihara pada Anak Usia Dini

Wahyu Utomo

Sari


Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif diskriptif. Pengambilan data dilakukan dengan metode wawancara, observasi dan dokumentasi. Subyek Penelitian yaitu 3 orang guru di PAUD Vidya Nanda Kenteng. 

Penelitian ini menampilkan secara menyeluruh mengenai penerapan sistem among dan ajaran Brahmavihara. Penerapan sistem among dan Brahmavihara memiliki hambatan uatama yaitu usia anak yang masih kecil, serta tingkat intelejensi yang dimiliki masing-masing anak yang berbeda. Selain itu, regulasi juga berpengaruh terhadap penerapan sistem among dan ajaran Brahmavihara. Faktor pendukung yang berpengaruh terhadap penerapan dua hal ini ialah kemampuan yang dimiliki guru untuk mengatur pembelajaran anak menjadi lebih baik, sarana dan prasarana yang lemkap sehingga mendukung metode yang digunakan oleh gur, dan dukungan dari orang tua yang besar terhadap pendidikan karakter anak. Secara nyata, sistem among adalah metode yang digunakan oleh guru untuk menerapkan Brahmavihara yang meliputi cinta kasih, kasih sayang, simpati, dan keseimbangan batin.


Referensi


Abd. Hamid. 2016. Implementasi Kompetensi Guru Dalam Evaluasi Pembelajaran Pada Madrasah Aliyah Al-Balad Kamande. J-ALIF Jurnal Penelitian Hukum Ekonomi Syariah dan Sosial Budaya Islam. Vol. 1, No. 1, Nopember 2016. Hal 28-42.

Aini, Hurul, Nengah Suandi, Gede Nurjaya. Pemberian Penguatan (Reinforcement) Verbal Dan Nonverbal Guru Dalam Pembelajaran Bahasa Indonesia Di Kelas VII MTSN Seririt. e-Journal Jurusan Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia Volume : Vol: 7 No: 2 Tahun:2017.

Alice Zellawati. 2011. Terapi Bermain Untuk Mengatasi Permasalahan Pada Anak. Majalah Ilmiah Informatika Vol. 2 No. 3, September 2011. 164-175.

Depdiknas. 2004. Kurikulum 2004 Standar Kompetensi Mata Pelajaran Matematika Sekolah Menengah Pertama dan Madrasah Tsanawiyah. Jakarta: Depdiknas.

Hajar, Pamadhi, Evan Sukardi. 2012. Seni Keterampilan Anak. Jakarta: Universitas Terbuka.

Iswanti, Sri. 2007. Peningkatan Sikap dan Kepribadian Calon Guru Melalui Sistem Pendidikan Guru Berasrama. Jurnal Penelitian. Yogyakarta: FIP UNY.

Jatien Sri Nandang. 2015. Peran Orangtua Dalam Pembentukan Karakter Santun Pada Siswa SD Muhammadiyah Tegalgede Karanganyar. Jurnal Universitas Muhammadiyah Surakarta.

Siswoyo, D., et.al. 2008. Ilmu Pendidikan. Yogyakarta: UNY Press.

Sri Mauludiyati. 2019. “Penerapan Sistem Among dan Ajaran Brahmavihara pada Anak Usia Dini di PAUD Vidya Nanda Kenteng”. Hasil Wawancara Pribadi. 6 Agustus 2019. PAUD Vidya Nanda.

Supriyanto, A. 2008. Sistem Among sebagai “Niche” pendidikan. Kompas, 2 April 2008. halaman. 12.

Tim Penyusun. 2003. Undang-Undang Sistem Pendidikan Nasional Nomor 20 tahun 2003. Jakarta: Presiden RI.

Tugiyem. 2019. “Penerapan Sistem Among dan Ajaran Brahmavihara pada Anak Usia Dini di PAUD Vidya Nanda Kenteng”. Hasil Wawancara Pribadi. 6 Agustus 2019. PAUD Vidya Nanda.

Wahyono, Mulyadi. 2002. Pokok-pokok Dasar Agama Buddha. Jakarta: Kemenetrian Agama Republik Indonesia.

Yuliyanti. 2019. “Penerapan Sistem Among dan Ajaran Brahmavihara pada Anak Usia Dini di PAUD Vidya Nanda Kenteng”. Hasil Wawancara Pribadi. 6 Agustus 2019. PAUD Vidya Nanda.


Refbacks

  • Saat ini tidak ada refbacks.