Manajemen Pengelolaan Sekolah Berbasis Kearifan Lokal di SD Negeri Rongkop

yanti yanti yanti, yanti yanti yanti

Sari


Abstrak: Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan: (1) manajemen pendidikan berbasis kearifan lokal seperti: perencanaan, pengorganisasian, implementasi dan evaluasi di SD Negeri Rongkop Girisubo Kabupaten Gunungkidul, dan (2) kendala yang dihadapi dalam pengelolaan pendidikan berbasis kearifan lokal di SD Negeri Rongkop Kecamatan Girisubo Kabupaten Gunungkidul. Jenis penelitian ini adalah pendekatan kualitatif. Penelitian ini dilakukan di SD Negeri Rongkop, Kecamatan Girisubo, Kabupaten Gunungkidul. Subjek dalam penelitian ini adalah kepala sekolah, guru, dan peserta didik. Pengumpulan data dilakukan melalui wawancara, observasi, dan dokumentasi. Verifikasi validitas data dilakukan melalui triangulasi sumber dan triangulasi teknik. Teknik analisis data adalah analisis deskriptif kualitatif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa (1) pengelolaan pendidikan berbasis kearifan lokal terkait dengan perencanaan, pengorganisasian, implementasi dan evaluasi. Perencanaan pendidikan, Pengorganisasian, Implementasi, Evaluasi pendidikan berdasarkan kearifan lokal melalui seni tari dan karawitan telah dilakukan dengan baik, melalui penilaian oleh guru dengan tes praktek. (2) Guru masih menghadapi kendala dalam pengelolaan pendidikan berbasis kearifan lokal terkait perencanaan, pengorganisasian, implementasi, dan evaluasi. Hambatan yang dihadapi oleh guru berasal dari sikap peserta didik. Peserta didik terkadang terlihat kurang konsentrasi dalam mempelajari seni tari dan karawitan. Meskipun demikian, guru telah mampu mengatasi hambatan yang terjadi.

Kata kunci: manajemen pendidikan, kearifan lokal, manajemen pendidikan

 

 

Abstract: This study aims to describe: (1) management of local wisdom-based education such as: planning, organizing, implementation and evaluation in SD Negeri RongkopDistrict Gunungkidul Regency, and (2) obstacles faced in the management of education based on local wisdom in SD Negeri Rongkop District Girisubo Gunungkidul District. This type of research is a qualitative approach. This research was conducted in SD Negeri Rongkop, Girisubo District, Gunungkidul Regency. Subjects in this study are principals, teachers, and learners. Data collection is done through interview, observation, and documentation. Verification of data validity is done through source triangulation and technique triangulation. The data analysis technique is qualitative descriptive analysis. The results of the research indicate that (1) the management of local wisdom-based education related to planning, organizing, implementation and evaluation. Educational planning, Organizing,Implementation, Evaluation of education based on local wisdom through the art of dance and karawitan has been done well, through the assessment by teachers with practice test. (2) Teachers still face obstacles in the management of local wisdom-based education related to planning, organizing, implementation, and evaluation. The obstacles faced by teachers come from the attitude of learners. Learners sometimes look less concentrated in learning the art of dance and karawitan. Nevertheless, the teacher has been able to overcome the obstacles that occur.

Keywords: education management, local wisdom, education management


Referensi


Herimanto dan Winarno. (2010). Ilmu Sosial dan Budaya Dasar. Jakarta: PT Bumi Aksara.

Jamal Ma’mur. (2012). Pendidikan berbasis keunggulan lokal. Yogyakarta: DIVA Press.

Koentjaraningrat. (1990). Dasar Ilmu Antropologi. Jakarta: Rineka Cipta.

Lexy J. Moleong. (2012). Metodologi Penelitian Kualitatif. Bandung: Remaja Rosdakarya.

Nana Syaodih Sukmadinata. (2010). Metode Penelitian Pendidikan. Bandung: Remaja Rosdakarya.

Nuraini Asriati. (2012). Mengembangkan Karakter Peserta Didik BerbasisKearifan Lokal Melalui Pembelajaran di Sekolah. Jurnal PendidikanSosiologi dan Humaniora. 2(III). Hlm. 106-119.

Nurma Ali Ridwan. (2007). Landasan Keilmuan Kearifan Lokal. Jurnal Studi Islam dan Budaya. 1(V). Hlm. 27-38.

Sanjaya, Wina. 2008. Kurikulum dan pembelajaran ; Teori dan Praktek Pengembangan KTSP. Jakarta: Kencana

Sudarwan Danin. (2008). Visi baru manajemen sekolah. Jakarta: PT Bumi Aksara.

Sugiono. (2013). Memahami Penelitian Kualitatif. Bandung: CV Alfabeta.


Refbacks

  • Saat ini tidak ada refbacks.