PENERAPAN PENDIDIKAN KARAKTER MELALUI PEMBIASAAN DI SEKOLAH DASAR

nuryanti nuryanti, nuryanti nuryanti

Sari


Penelitian yang dilakukan ini merupakan penelitian kualitatif dengan tujuan untuk mengetahui penerapan pendidikan karakter melalui pembiasaan di SDN Widoro,  Tepus,  Gunungkidul. Jenis penelitian ini adalah penelitian deskriptif yang dimaksudkan tidak menguji hipotesis tertentu, tetapi hanya menggambarkan apa adanya, tentang variable, gejala atau keadaan.  Informan penelitian meliputi kepala sekolah, guru, dan siswa . Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini meliputi observasi, wawancara, dan dokumentasi. Teknis analisis data menggunakan analisis deskriptif kualitatif yang meliputi pengumpulan data, membandingkan data dari berbagai sumber, dan penarikan kesimpulan. Nilai pendidikan karakter yang diutramakan melalui pembiasaan di SDN Widoro Tepus yaitu nilai religius,  nilai disiplin, dan nilai peduli lingkungan. Nilai  pendidikan  karakter yang  melalui pembiasaan dilaksanakan melalui tiga cara yaitu pembiasaan terprogram, pembiasaan rutin, dan pembiasaan spontan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penerapan pendidikan karakter melalui pembiasaan di SDN Widoro Tepus sudah dilaksanakan secara rutin namun masih perlu pengawasan dan tauladan dari Kepala Sekolah, Guru, maupun Karyawan di  SDN Widoro Tepus. Penerapan pendidikan karakter di SDN Widoro Tepus dapat merubah perilaku siswa menjadi lebih baik


Refbacks

  • Saat ini tidak ada refbacks.