MEDIA PEMBELAJARAN INTERAKTIF MELALUI PERMAINAN TRADISIONAL UNTUK MEMPERKUAT PENDIDIKAN KARAKTER

Tri Atmaji

Sari


Abstrak: Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan penggunaan permainan tradisional sebagai media pembelajaran interaktif untuk memperkuat pendidikan karakter. Pendidikan karakter mengarahkan anak mengenai budi pekerti luhur dan hal ini berisi tentang nilai-nilai religius, kejujuran, sopan santun, kerjasama/kegotong-royongan, sportivitas/kedisiplinan, dan lain-lain. Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif dengan pendekatan kualitatif. Informannya yaitu kepala sekolah, guru dan peserta didik. Metode pengumpulan data berupa wawancara, observasi, dan dokumentasi. Prosedur dalam penelitian meliputi, penentuan sumber, pengumpulan data, analisis data, perbaikan, dan pelaporan. Analisis data dilakukan dengan reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Untuk pengecekan keabsahan data dilakukan dengan kredibilitas, dependabilitas, dan konfirmabilitas. Hasil penelitian menunjukkan bahwa permainan tradisional merupakan media interaktif sebagai salah satu sarana pembelajaran. Permainan tradisional bermanfaat bagi kesehatan, kebugaran dan tumbuh kembang anak, terdapat juga nilai-nilai positif yang terkandung dalam permainan tradisional misalnya religius, kejujuran, kerjasama, sportif, tolong menolong, tanggung jawab, disiplin dan masih banyak lagi, dimana hal-hal tersebut dapat membangun karakter anak.

Kata kunci: media pembelajaran, interaktif, permainan tradisional, karakter

Abstract: This research aims to describe the use of traditional games as interactive learning media to strengthen character education. Character education directs children to noble character and this contains about religious values, honesty, courtesy, cooperation/ mutual cooperation, sportsmanship/discipline, and others. This research is a descriptive study with a qualitative approach. The information is the principal, teachers and students. Data collection methods include interviews, observation, and documentation. The procedures in the study include, determining the source, data collection, data analysis, improvement, and reporting. Data analysis was performed by data reduction, data presentation, and drawing conclusions. To check the validity of the data is done with credibility, dependability, and confirmability. The results showed that traditional games are interactive media as a learning tool. Traditional games are beneficial for health, fitness and child development, there are also positive values contained in traditional games such as religious, honesty, cooperation, sportsmanship, help, responsibility, discipline and much more, where these things can be building a child's character.

Keyword: learning media, interactive, traditional games, characters


Referensi


Anggita, G. M., Mukarromah, S. B., Alic, M. A. 2018. Eksistensi Permainan Tradisional Sebagai Warisan Budaya Bangsa, Journal of Sport Science and Education, Vol. 3, No. 2, 55-59

Fadlillah, Muhamad dan Lilif. 2014. Pendidikan Karakter Anak Usia Dini. Jogjakarta: Ar-Ruzz Media

Imas. 2018. Penggunaan Media Pembelajaran Ular Tangga Matematika pada Materi Barisan Bilangan dan Deret Sebagai Upaya Meningkatkan Motivasi dan Hasil Belajar Peserta Didik Kelas IX-H SMP Negeri Unggulan Sindang Indramayu. Mathline, Jurnal Matematika dan Pendidikan Matematika, Vol.3, No.1, 47-64

Komara, E. 2014. Belajar dan Pembelajaran Interaktif, Bandung: PT Refika Aditama.

Monica, R. 2018. Pengembangan Media Dakon Bilangan Pada Pembelajaran Matematika Untuk Melatih Pemahaman Konsep FPB dan KPK Siswa Kelas IV Sekolah Dasar. Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar, FKIP, Universitas Jambi

Nataliya, P. 2015. Efektivitas Penggunaan Media Pembelajaran Permainan Tradisional Congklak untuk Meningkatkan Kemampuan Berhitung pada Siswa Sekolah Dasar, Jurnal Ilmiah Psikologi Terapan, Vol. 03, No.02, 343-358

Saputra, S.Y. 2017. Permainan Tradisional vs Permainan Modern dalam Penanaman Nilai Karakter di Sekolah Dasar, Elementary School Education Journal, Vol. 1 No.1, 85-94

Sudrajat, dkk. 2015. Muatan Nilai-Nilai Karakter Melalui Permainan Tradisional Di PAUD Among Siwi Panggungharjo Bantul. Universitas Negeri Yogyakarta.

Ukasyah Q.A.P dan Irfansyah. 2015. Identifikasi Faktor-Faktor Permainan Tradisional Bebentengan sebagai Basis Perancangan Game Pemicu Peningkatan Sistem Motorik Anak. Jurnal Sosioteknologi, Vol. 14, No. 2, 124-140

Ulya, H. (2017). Permainan Tradisional sebagai Media dalam Pembelajaran Matematika, Prosiding Seminar Nasional Pendidikan, halaman 371-376


Refbacks

  • Saat ini tidak ada refbacks.