MANAJEMEN KEPALA SEKOLAH TERHADAP KINERJA GURU SEKOLAH DASAR

tekatno tekatno, tekatno tekatno

Sari


Kepala sekolah  sebagai Center of Developement memiliki peran sangat penting dalam rangka menumbuhkembangkan pendidikan di sekolahnya. Satu hal yang harus dilakukan kepala sekolah dalam rangka menumbuhkembangkan sekolahnya adalah melakukan manajemen yang baik. Manajemen yang seharusnya paling diutamakan kepala sekolah dalam rangka memajukan pendidikannya adalah manajemen personil dalam hal ini para guru selaku pendidik utama di sekolah. 

Tujuan dari penelitian ini adalah mendeskripsikan manajemen kepala sekolah terhadap kinerja guru. Khususnya mengenai usaha-usaha kepala sekolah dalam meningkatkan kinerja guru di Sekolah Dasar Negeri Ponjong II Untuk mengetahui permasalahan tersebut, penulis menggunakan penelitian lapangan (field research). Metode yang digunakan adalah metode Deskriptif-Kualitatif yaitu suatu metode yang mendeskripsikan kejadian atau fakta-fakta yang ada di lapangan, dalam hal ini Sekolah Dasar Negeri Ponjong II, dengan menggunakan uraian-uraian  serta melakukan studi pustaka, observasi, dokumentasi, dan wawancara.

Dalam penelitian tersebut dapat disimpulkan bahwa manajemen yang dilakukan kepala sekolah dalam meningkatkan kinerja guru yang berkaitan erat dengan 4 kompetensi yaitu: kompetensi kepribadian, profesional, pedagogik, dan kompetensi sosial di Sekolah Dasar Negeri Ponjong II sangat efektif. Khususnya kompetensi kepribadian dan kompetensi profesional, sebagaimana penulis bahas dalam penelitian ini.

Refbacks

  • Saat ini tidak ada refbacks.