Kompetensi Guru dalam menerapkan nila-nilai pendidikan inklusif di Sekolah Inklusi Tingkat Satuan Pendidikan Sekolah Dasar.

Purwanti Retno Yuliastuti

Sari


Pendidikan inklusif merupakan reformasi dari pendidikan yang berkembang di Indonesia. Perkembangan implementasi pendidikan inklusif juga diikuti oleh perkembangan regulasi melalui Permendikbud No. 70 Tahun 2009, meskipun sekolah-sekolah yang dirujuk sebagai sekolah inklusi belum menjalankan pendidikan inklusif sebagaimana mestinya, di mana siswa berkebutuhan khusus tidak dapat terserap karena ketidaksiapan sekolah untuk melayani. Penelitian ini bertujuan mengetahui kompetensi guru dalam melihat tantangan dari implementasi pendidikan inklusif di Tingkat Satuan Pendidikan Sekolah Dasar. Penelitian ini merupakan deskripsi kualitatif melalui observasi dan wawancara dengan guru-guru Sekolah Dasar yang tergabung pada Sekolah Penyelenggara Pendidikan Inklusif di Kulon Progo. Hasil dari penelitian ini diketahui bahwa kompetensi guru dalam menerapkan nilai-nilai pendidikan inklusi melalui 3 (tiga) tahap, yaitu tahap persiapan yang meliputi kegiatan pendataan anak berkebutuhan khusus, sosialisasi program dan penyediaan sumber daya. Tahap pelaksanaan program meliputi kegiatan pelaksanaan pembelajaran, peningkatan kapasitas sumber daya manusia, dan layanan pendampingan bagi anak berkebutuhan khusus, tahap terakhir ialah tahap monitoring dan evaluasi. Terdapat faktor pendukung implementasi program pendidikan inklusi bagi anak berkebutuhan khusus yaitu faktor lingkungan dan faktor komunikasi. Lingkungan sekolah menerima keberadaan anak berkebutuhan khusus, adanya partisipasi orangtua untuk memantau perkembangan anak mereka, dan adanya kemudahan akses bagi anak berkebutuhan khusus di lingkungan sekolah. Faktor komunikasi yaitu terjalinnya komunikasi yang baik di lingkungan intern dan ekstern sekolah. Faktor penghambat yaitu faktor sumber daya baik itu sumber daya manusia dan sumber daya non manusia yang masih belum memadai.

Kata kunci: inklusif, komunikasi, kompetensi guru


Referensi


Direktorat Pendidikan Luar Biasa. 2004. Pedoman Umum Penyelenggaraan Pendidikan Inklusif. Jakarta: Dirjendikdasmen. Hal 4

Ika Leli Erawati, Sudjarwo, Risma Margareta Sinaga. 2016. Pendidikan Karakter Bangsa Pada Anak Berkebutuhan Khusus Dalam Pendidikan Inklusif. FKIP Universitas Lampung: Jurnal Sosial No 4 Tahun 2016

Madeline Will. 2012. Konsep Sekolah Inklusi yang Humanis. Kementrian Kebudayaan dan Pendidikan, Jakarta. Hal 43

Nurul Zuriah. 2005. Metode Penelitian Sosial dan Pendidikan : teori, aplikasi. Jakarta : Bhumi Aksara. Hal 47

Peraturan Menteri Pendidikan Nasional (Permendiknas) Nomor 70 Tahun 2009 Tentang Pendidikan Inklusif bagi Peserta Didik yang Memiliki Kelainan dan Memiliki Potensi Kecerdasan dan/atau Bakat Istimewa, Pasal 7. Jakarta: Kemendikbud.

Rusman. 2009. Metodologi Penelitian Kualitatif. Jogjakarta: Ar-ruzz Media. Hal 29-30.


Refbacks

  • Saat ini tidak ada refbacks.