Penanaman Nilai-nilai Pendidikan Karakter Melalui Tabung Kebaikan pada Sekolah Dasar Negeri Jetisharjo

Win Narsih

Sari


Makalah ini membahas tentang penanaman nilai-nilai pendidikan       karakter melalui Tabung kebaikan  pada SD Negeri Jetisharjo. Tujuan penelitian ini adalah (1) untuk mendeskripsikan nilai-nilai pendidikan karakter yang terintegrasi pada pembelajaran melalui Tabung Kebaikan di SD Negeri Jetisharjo, (2) untuk mendeskripsikan implementasi nilai-nilai pendidikan karakter pada kegiatan pembiasaan melalui tabung kebaikan di SD Negeri Jetisharjo, (3) untuk mengungkap hasil implementasi nilai-nilai pendidikan karakter pada  SD Negeri Jetisharjo.

Jenis penelitian ini adalah deskriptif kualitatif dengan pendekatan teologis normatif, pedagogis, dan psikologi. Lokasi penelitian ini adalah SD Negeri Jetisharjo kelas VI. Adapun sumber data pada penelitian ini adalah ada dua sumber data data primer yaitu  kepala sekolah, guru, dan peserta didik sedangkan data sekunder adalah dokumen RPP yang terkait dengan objek yang diteliti. Data diperoleh melalui observasi, wawancara dan dokumentasi. Data selanjutnya dianalisis secara kualitatif  dengan menggunakan triangulasi untuk memastikan validitas data terhadap fokus yang diteliti.

Hasil penelitian menunjukkan bahwa nilai-nilai pendidikan karakter yang terintegrasi pada kegiatan proses pembelajaran melalui tabung kebaikan  adalah religius, disiplin, tekun, rasaingin tahu, peduli, jujur dan tanggung jawab. Sedangkan implementasi nilai-nilai pendidikan karakter pada kegiatan pembiasaan dilakukan melalui zona urut kedatangan, zona harapan, zona kebaikan, pojok baca dan pojok kebersihan. Sebagai implikasinya, SD Negeri Jetisharjo lebih meningkatkan lagi implementasi nilai-nilai pendidikan karakter baik pada proses pembelajaran maupun pembiasaan sehingga nilai karakter akan menjadi budaya sekolah

 


Refbacks

  • Saat ini tidak ada refbacks.