MANAJEMEN PROGRAM LITERASI DALAM PRAKTIK PEMBUDAYAAN MEMBACA SISWA DI SEKOLAH

Ramadhan Ramadhan

Sari


Abstrak: Penelitian ini bertujuan unutuk menjawab pertanyaan bagaimana manajemen program literasi di SMA Negeri 1 Pleret melalui 4 aspek manajemen yaitu perencanaan,pengorganisasian,pelaksanaan dan evaluasi. Penelitian ini mengunakan pendekatan kualitatif dengan jenis penelitian diskriptif. Penelitian ini mengunakan wawancara mendalam. Data yang dianalisis dalam penelitian ini berupa narasi transkip yang dihasilkan melalui wawancara dan dokumentasi melalui 3 tahap analisis yaitu reduksi data, penyajian data dan verifikasi.Hasil penelitian ini menunjukan bahwa perencanaan dalam program literasi dilakukan oleh penyelengara adalah menentukan tujuan,membuat rencana jangka pendek  dan rencana jangka panjang sebagai tujuan utama dari program literasi dipergunakan agar efektif dan efesien.pengorganisasian dalam program literasi ini menetapkan struktur organisasi,merumuskan tugas serta menetapkan standar operasional prosedur serta menunjukan garis kewenangan dan tangungg jawab sesuai dengan posisi.pelaksanaan program literasi yaitu melaksanakan kegitan pada tahapan pembudayaan membaca. Pelakasanaan tahap pengembangan yaitu dengan mengembangkan pembudayaan membaca melalui menulis ringkasan isi buku pada buku diary membaca.proses evaluasi dilakukan untuk memastikan seluruh kegiatan yang telah di rencanakan,di organisasikan dan dilaksanakan berjalan sesaui harapan dan tujuan program dengan mendayagunakan wali kelas untuk evaluator minat baca siswa. 

Kata kunci: Manajemen,Program Literasi

 

Abstract: This study aims to answer the question of how to manage literacy programs in SMA Negeri 1 Pleret through 4 aspects of management, namely planning, organizing, implementing and evaluating. This study uses a qualitative approach to the type of descriptive research. This research uses in-depth interviews. The data analyzed in this research were transcript narrative produced through interviews and documentation through 3 stages of analysis, namely data reduction, data presentation and verification. The results of this study showed that planning in the literacy program carried out by the organizer was to determine goals, make short-term plans and plans the long term as the main objective of the literacy program is used to be effective and efficient. Organizing in this literacy program establishes the organizational structure, formulates tasks and establishes operational standard procedures and shows the lines of authority and responsibility according to the position. Read. Implementation of the development stage is by developing a reading culture through writing a summary of the contents of the book in the reading diary book. The evaluation process is carried out to ensure that all activities that have been planned, organized and implemented are in line with the expectations and objectives of the program by utilizing the homeroom teacher for evaluating students' interest in reading.

Keywords: Management, Literacy Program

Refbacks

  • Saat ini tidak ada refbacks.