Manajemen Sekolah dalam Mengimplementasikan Pedidikan Karakter berbasis Literasi menghadapi Revolusi Industri 4.0

Sugeng Sugeng

Sari


Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui: (1) manajemen sekolah dalam mengimplementasikan pendidikan Karakter berbasis literasi menghadapi revolusi Indutri 4,0 di SMAN 1  Kalibawang Kulon Progo yang meliputi perencanaan, pengorganisasian, pelaksanaan, pengawasan dan evaluasi; (2) mengetahui faktor pendukung dan penghambat manajemen kepemimpinan kepala sekolah dalam mengimplementasikan pendidikan Karakter berbasis literasi di SMAN 1  Kalibawang Kulon Progo; (3) mengetahui dampak manjemen sekolah dalam mengimplementasikan  pendidikan Karakterberbasis literasi. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif dengan sumber data Kepala Sekolah, Wakil kepala sekolah, guru, pustakawan, siswa dan orang tua.Teknik pengumpulan data melalui wawancara, observasi dan dokumentasi.Analisis data menggunakan analisis deskriptif kualitatif meliputi reduksi data, penyajian data, dan kesimpulan dengan uji keabsahan trianggulasi sumber data dan teknik.  Hasil penelitian ini : (1) manajemen sekolah dalam mengimplementasikan pendidikan Karakter berbasis literasi menghadapi revolusi Indutri 4,0 di SMAN 1  Kalibawang Kulon Progo ditinjau dari (a)perencanaan sudah dilakukan dengan baik seperti Rencana Kerja Sekolah, Program dan pengadministrasian,(b) pengorganisasian tersusun dengan baik dengan adanya TIM implementasi literasi (c) pelaksanaan sudah dilakukan dengan cukup baik;(d) pengawasan dilakukan terpadu oleh seluruh komponen sekolah. (2) faktor-faktor pendukung meliputi manajemen sekolah, guru yang komitmen, sarana dan prasarana yang mendukung. Faktor penghambatnya dukungan orang tua yang belum maksimal dan kesadaran dari siswa yang masih kurang.


Referensi


Antoro, Billy. (2017). Gerakan literasi sekolah. Kemendikbud: Direktorat JenderalPendidikan Dasar dan Menengah Kemdikbud RI.

Kemendikbud.(2016). Desain induk gerakan literasi sekolah. Jakarta: DirektoratJenderal Pendidikan Dasar dan Menengah Kementerian Pendidikan danKebudayaan RI.

Sugiyono. (2016). Metode penelitian pendidikan pendekatan kuantitatif, kualitatif danR&D. Bandung: Alfa Beta.

Suharsismi Arikunto, Lia Yuliana, (2016). Manajemen pendidikan. Yogyakarta: GrahaCendekia.

Ridwan Abdullah Sani( 2018. Pemelajaran saitifik untuk implementasi kurikulum 2013.Jakarta Bumi Aksara.

Putri OviolandaIrianto ,Lifia Yola Febrianti,Pentingya penguasaan literasi bagi generasi muda dalam menghadadpi MEA, Jurnal The 1 st Education and language international conference prosedings center for international language development of unissula,2017

Pawit M. Yusup, Encang Saefudin, Praktik literasi informasi dalam proses pembelajaran sepanjang hayat, Jurnal kajian informasi dan perpustakaan Unpad, Vol 5, No 1, 2017

Eka Yanuarti ,Pemikiran pendidikan Ki. Hadjar Dewantara dan relevansinya dengan kurikulum 13, Jurnal Penelitian,Vol. 11, No. 2, Agustus 2017

Haryanto, Manajemen Pendidikan Karakter Di MTs Muhammadiyah Al Muhajirin Patuk Gunungkidul,Jurnal Media Manajemen Pendidikan UST, Vol 1 No. 1 Juni 2018.

Wilhelmus Dawa1, Sunarto, Pengelolaan Kepemimpinan Kepala Sekolah dalam mengimplementasi Gerakan Literasi Sekolah , Jurnal Media Manajemen Pendidikan UST, Vol 2 No. 1 Juni 2019.

Maria Goretti Triyarsih, Implementasi manajemen merbasis mekolah dalammpembentukan karaktersiswa sekolah dasar, jurnal.Jurnal Media Manajemen Pendidikan UST ,Volume 2 No. 1 Juni 2019.


Refbacks

  • Saat ini tidak ada refbacks.