Manajemen Pembelajaran Pendidikan Karakter Dengan Menggunakan Lakon Wayang Karno Tanding Di SD Negeri Candirejo 1 Semin Gunungkidul 2019.

sidiq adi suparna, sidiq adi suparna

Sari


Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui manajemen (perencanaan, pelaksanaan dan evaluasi) pembelajaran pendidikan karakter di SD Negeri Candirejo I Semin Gunungkidul dengan menggunakan lakon wayang.             Penelitian ini dilaksanakan dengan menerapkan prinsip-prinsip penelitian kualitatif. Subyek penelitian adalah kepala sekolah sebagai key informan, kemudian menyebar kepada guru, karyawan, komite sekolah, orang tua murid, serta murid untuk memenuhi data yang diinginkan. Data dikumpulkan melalui wawancara, observasi, serta analisis dokumen. Analisis data penelitian dilakukan dengan tahapan reduksi data, unitisasi data, display data dan kemudian pengambilan kesimpulan. Hasil penelitian menunjukan bahwa manajemen pembelajaran pendidikan karakter di SD Negeri Candirejo I Semin Gunungkidul dengan menggunakan lakon wayang  dilaksanakan dengan baik. Manajemen pembelajaran pendidikan karakter di SD Negeri Candirejo I Semin Gunungkidul meliputi perencanaan yang terdiri dari langkah-langkah dan program dalam menjalankan pendidikan karakter yang dilanjutkan pelaksanaan yang sesuai rencana yaitu melakukan sosialisasi segenap komponen, melakukan analisis kontek dan potensi, menyusun kurikulum yang bersubstansi pendidikan karakter Indonesia dan menerapkanya dalam mata pelajaran dan muatan lokal serta kegiatan pengembangan diri yaitu ekstrakurikuler kemudian melakukan juga pembudayaan atau pembiasaan dengan cara pengondisian, kegiatan rutin, kegiatan terprogram,pembelajaran diluar kelas, kegiatan spontan dan keteladanan. Evaluasi dilakukan di bawah koordinasi kepala sekolah dengan cara langsung atau berkala

Refbacks

  • Saat ini tidak ada refbacks.