MANAJEMEN PENINGKATAN MINAT BACA DI SD NEGERI PURWODADI

SURATMAN SURATMAN

Sari


Penelitian ini dibuat dengan tujuan menggali informasi lebih jauh tentangĀ  minat baca siswa dalam aktivitasnya di sekolah. Penelitian ini diharapkan dapat menjadi masukan bagi guru, siswa dan pihak perpustakaan di SD Negeri Purwodadi untuk membantu meningkatkan minat membaca siswanya.

Penelitian ini dilakukan dengan mengambil informasi yang dilakukan di SD Negeri Purwodadi Kecamatan Tepus Kabupaten Gunungkidul. Adapun tahapannya adalah: (1) wawancara, (2) observasi/ pengamatan, dan (3) dokumentasi. Wawancara (interview) memiliki tujuan yang jelas dan memiliki makna yang melebihi maksud dari percakapan biasa. Proses wawancara ini terjadi dengan adanya komunikasi bolak-balik antara pewawancara dengan orang yang diwawancarai, untuk menggali topik tertentu yang dibahas. Kemudian, observasi/ pengamatan dilakukan sebagai proses metode pengumpulan data dengan meninjau langsung di lokasi penelitian guna membuktikan kebenaran dari sebuah desain penelitian. Adapun, tahap dokumentasi adalah proses mencatat peristiwa yang sudah berlalu atau sudah terjadi.

Dari hasil wawancara dengan kepala sekolah, guru kelas dan petugas perpustakaan sekolah terdapat informasi tentang program yang dibuat untuk mendukung minat baca lebih meningkat. Diantaranya adalah dengan mengadakan literasi sekolah dan berkunjung di perpustakaan sekolah. Literasi sekolah ini dilakukan oleh siswa didampingi oleh guru masing-masing kelas pada jam pertama. Sedangkan mengunjungi perpustakaan sekolah dimaksudkan untuk mau membaca di perpustakaan dan meminjam buku untuk dibaca di kelas. Kemudian dari hasil pengamatan yang dilakukan oleh peneliti di kelas maupun di perpustakaan sekolah, terdapat kondisi yang berbeda dengan program sekolah. Pada kelas IV program literasi belum berjalan optimal. Literasi sekolah dilakukan sudah include dalam materi pembelajaran. Hasil pengamatan di kelas V, program literasi sudah berjalan sesuai program yang terjadwal. Pada jam pertama peserta didik sudah membaca buku yang dipinjam di perpustakaan sekolah. Siswa menuliskan judul buku ke dalam jurnal yang telah disiapkan oleh guru. Dan menuliskan pesan menarik ke dalam buku kontrol. Kemudian pengamatan dilakukan di perpustakaan sekolah. Selama penelitian dilakukan, hanya kelas V yang berkunjung ke perpustakaan sekolah. Hal ini dibuktikan pada buku kunjungan siswa

Refbacks

  • Saat ini tidak ada refbacks.