MANAJEMEN KEPEMIMPINAN KEPALA SEKOLAH UNTUKMENINGKATKAN KEDISIPLINAN KEHADIRAN GURU DI SEKOLAH DASAR JEPITU III

karyadi karyadi karyadi

Sari


; Penyusunan penelitian  ini tentang Managemen kepemimpinan  kepala sekolah untuk meningkatkan kedislipinan kehadiran guru  yang berada   di SDN Jepitu III korwil Girisubo.  Tujuan penelitian  untuk memberikan      gambaran deskripsi/essay tentang perbandingan sebelum dan sesudah kepala  sekolah baru sejak tahun 2018.  Upaya kepala sekolah baru untuk mewujudkan visi dan misi SDN Jepitu III.Untuk merubah suatu sekolah  dimulai dari diri kepala sekolah yang harus mampu menjadi teladan bagi  guru dan tenaga pendidik lainnya .

                              Penelitian ini merupakan penelitian deskiptif dengan pendekatan kualitatif . informanya kepala sekolah dan  guru. Metode pengumpulan data berupa wawancara, observasi, dan dokumentasi. Prosedur dalam penelitian meliputi: penentuan sumber, pengumpulan data, analisi data, penyajian data, perbaikan, dan pelaporan.Analisis data dilakukan dengan reduksi data penyajian data, dan penarikan kesimpulan.untuk pengecekan keabsahan dilakukan dengan kredibilitas,depenbabilitas dan konfirmabilitas.

                              Hasilnya  penelitian menunjukkan ada perubahan dalam kedisiplinan Kehadiran Guru yang mengakibatkan hasil dalam  bidang akademik peringkat nilai ujian sekolah berstandar nasional dari peringkat  5 dari 20  SD/MI se korwil  berubah  tahun 2019  .Sementara itu dalam bidang non akademik prestasi bertambah dalam bidang olahraga,dan agama, yang dibuktikan dengan bertambahnya piala dan piagam

Refbacks

  • Saat ini tidak ada refbacks.