Peran Kepemimpinan Kepala Sekolah dalam Implementasi Pendidikan Karakter di SMA N 1 Temon

Lufi Samsuharta

Sari


Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui peran kepemimpinan kepala sekolah dalam implementasi pendidikan karakter di SMA N 1 Temon, yaitu sebagai edukator, manajer dan inovator. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif. Teknik pengumpulan data dilakukan dengan cara observasi, wawancara dan dokumentasi. Teknik analisis data dengan cara mereduksi data, display data, dan menarik kesimpulan. Hasil penelitian menunjukan peran kepemimpinan kepala sekolah dalam implementasi pendidikan karakter di SMA N 1 Temon sudah cukup baik. Kepala sekolah SMA N 1 Temon sebagai edukator mengimplementasikan pendidikan karakter dengan cara mengintegrasikan nilai-nilai karakter positif dalam pembelajaran di setiap mata pelajaran. Peran kepala sekolah sebagai manajer dalam implementasi pendidikan karakter di SMA N 1 Temon ditunjukkan dengan kemampuannya menerapkan pengelolaan pendidikan karakter. Peran kepala sekolah sebagai inovator dalam implementasi pendidikan karakter di SMA N 1 Temon ditunjukkan dalam bentuk pembinaan personalia, banyaknya personalia dan wilayah kerja, pengadaan dan penataan fasilitas fisik, penggunaan waktu, perumusan tujuan, dan prosedur pendidikan karakter.

Kata kunci: peran, kepemimpinan, implementasi, pendidikan karakter

Teks Lengkap:

PDF

Referensi


Afriadi. 2017. Peranan Kepala Sekolah Dalam Pelaksanaan Pendidikan Karakter di Sekolah Menengah Pertama (SMP) di Kecamatan Sindue. e Jurnal Katalogis, Volume 5 Nomor 1Januari 2017 hlm 1-10.

Cahyani, L.I. 2016. Peran Kepala Sekolah dalam Penanaman Pendidikan Karakter Disiplin di SMA Cendekia Sidoarjo. Inspirasi Manajemen Pendidikan, Vol. 4 No. 1, hal. 1-7.

Dit PSMP Kemdiknas. 2010. Buku Pendidikan Karakter Terintegrasi dalam Pembelajaran di Sekolah Menengah Pertama. Jakarta: Direktorat PSMP Kemdiknas.

Diyanto, Yuliejantiningsih, Y.; dan Nyoman, N.A. 2018. Peran Kepala Sekolah dalam Implementasi Pendidikan Karakter di SMP PGRI Purwareja Klampok Kabupaten Banjarnegara, JMP Universitas PGRI Semarang Volume 7 Nomor 3 Desember 2018, hal. 345-362.

Hidayatullah, M.F. 2016. Pendidikan Karakter Membangun Peradaban dan Bangsa. Surakarta: Yuma Pustaka.

Perdana, N.S. 2018. Implementasi Peranan Ekosistem Pendidikan dalam Penguatan Pendidikan Karakter Peserta Didik, Jurnal Refleksi Edukatika 8 (2) (2018) p-ISSN: 2087-9385 e-ISSN: 2528-696X.

Samani dan Haryanto, M. 2015. Konsep dan Model Pendidikan Karakter. Bandung: PT Remaja Rosdakarya.

Subianto, J. 2013. Peran Keluarga, Sekolah, dan Masyarakat dalam Pembentukan Karakter Berkualitas. Edukasia: Jurnal Penelitian Pendidikan Islam, Vol. 8, No. 2, Agustus 2013, hal. 331-354.

Trihantoyo, S. 2015. Peranan Kepemimpinan Kepala Sekolah dalam Menumbuhkan Nilai Karakter. Diakses dari http://ap.fip.um.ac.id/wp-content/uploads/2015/10/3-Syunu-Trihantoyo.pdf.

Widodo, H. 2018. Strategi Kepala Sekolah dalam Mengembangkan Pendidikan Karakter di Sekolah Dasar Muhammadiyah Sleman. Metodik Didaktik: Vol. 13 No. 2, Januari 2018, Hal 69-80.

Yusuf, Y.; Mufarida, B.; Purnama, R.R.; dan Rochim, A. 2019. Tindak Kriminalitas Anak Sangat Memprihatinkan. Diakses dari https://nasional.sindonews.com/read/1386542/13/tindak-kriminalitas-anak-sangat-memprihatinkan-1552524624


Article Metrics

Sari view : 75 times
PDF - 3 times

Refbacks

  • Saat ini tidak ada refbacks.