Pengaruh Kompensasi Kerja, Disiplin Kerja dan Kepemimpinan Kepala Sekolah Terhadap Kinerja Guru Dan Karyawan di SMK Karya Teknologi Jatilawang

andi - purwanto

Sari


Abstrak : Pengaruh Kompensasi Kerja, Disiplin Kerja dan Kepemimpinan Kepala Sekolah Terhadap Kinerja Guru Dan Karyawan di SMK Karya Teknologi Jatilawang

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui (1). Ada tidaknya pengaruh antara kompensasi kerja   terhadap kinerja guru, (2) Ada tidaknya pengaruh  antara disiplin guru terhadap kinerja guru, (3). Ada tidaknya  pengaruh   kepemimpinan kepala sekolah kinerja guru.

Penelitian ini menggunakan metode pengumpulan data, dimana penelitian ini dilakukan di SMK Karya Teknilogi Jatilawang. Populasi penelitian ini adalah guru SMK Karya Teknilogi Jatilawang. Teknik sampling yang digunakan adalah multistage cluster pusposive random sampling. Teknik pengumpulan data menggunakan metode dokumentasi, menggunakan instrumen angket. Teknik analisis data menggunakan Analisis Regresi, dengan prasarat uji analisis menggunakan uji normalitas dan uji linieritas dengan taraf signifikasi 5 %.

Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan: (1). Terdapat pengaruh yang signifikan antara kompensasi kerja, disiplin guru dan kepemimpinan kepala sekolah terhadap kinerja guru. Hal ini dapat diketahui berdasarkan hasil analisis, diperoleh harga Fhitung sebesar 9,807 dengan nilai signifikansi (p value) = 0,000 yang lebih kecil dari dan taraf signifikan 0,05, maka dapat dinyatakan dengan predikat sangat signifikan, sehingga hipotesis yang dikemukakan teruji kebenarannya. (2). Terdapat pengaruh yang signifikan antara kompensasi kerja dengan kinerja guru. Hal ini dapat diketahui berdasarkan hasil analisa didapat harga ry1-2 = 0,205 dengan harga taraf signifikan = 0,036 dapat diketahui bahwa ry1-2 lebih kecil dari taraf signifikan dinyatakan sangat signifikan, sumbangan relatif kompensasi kerja 35,81% dan sumbangan efektif kompensasi kerja sebesar 7,95%. (3). Terdapat pengaruh yang signifikan antara disiplin guru terhadap kinerja guru. Hal ini dapat diketahui berdasarkan hasil analisa didapat harga ry1-2 = 0,220 dengan harga taraf signifikan = 0,024 dapat diketahui bahwa ry1-2 lebih kecil dari taraf signifikan dinyatakan sangat signifikan, sumbangan relatif disiplin guru 36,32% dan sumbangan efektif disiplin guru sebesar  (4). Terdapat pengaruh yang signifikan antara kepemimpinan kepala sekolah terhadap kinerja guru. Hal ini dapat diketahui berdasarkan hasil analisa didapat harga ry1-2 = 0,229 dengan harga taraf signifikan = 0,002 dapat diketahui bahwa ry1-2 lebih kecil dari taraf signifikan dinyatakan sangat signifikan, sumbangan relatif Kepemimpinan Kepala Sekolah 27,86% dan sumbangan efektif Kepemimpinan Kepala Sekolah sebesar 6,18%

 

Kata kunci: kompensasi kerja, disiplin guru dan kepemimpinan kepala sekolah terhadap kinerja guru.

 

Abstrak : Compensation Effect of Work, Work Discipline and Leadership Performance Against Principal Teacher and the employee at SMK Karya Teknologi Jatilawang

This study aims to determine (1). There is a correlation between teachers' compensation to performance, (2) There is a correlation between the discipline teacher of teacher performance, (3). Correlation headmaster teacher performance.

This study used data collection method, where the research was conducted in SMK Karya Teknilogi Jatilawang. The population of this study was the teacher of SMK Karya Teknilogi Jatilawang. The sampling technique used was multistage random cluster sampling pusposive. Data collection techniques using the method of documentation, using a questionnaire instrument. Analysis using regression analysis, with prasarat analysis test using tests of normality and linearity test with significance level of 5%.

Based on the results of this study concluded: (1). There is significant relationship between employment compensation, discipline, teacher and principal leadership on teacher performance. It can be known based on the results of the analysis, obtained Fcount price of 9.807 with a significance value (p value) = 0.000 which is smaller and significant level of 0.05, it can be expressed by the predicate to be significant, so the hypothesis put forward verified. (2). There is significant relationship between compensation with the performance of teachers. It can be known based on the results of analysis shows ry1 price-2 = 0.205 at significant level = 0.036 can be seen that ry1-2 less than the significance level is stated to be significant, the relative contribution 35.81% of compensation and effective contribution  of labor compensation. (3). There is significant relationship between teacher discipline teacher performance. It can be known based on the results of analysis shows ry1 price-2 = 0.220 at significant level = 0.024 can be seen that ry1-2 less than the significance level is stated to be significant, the relative contribution of teachers disciplined and effective contribution of  discipline teacher registration (4). There is significant relationship between principal leadership to teacher performance. It can be known based on the results of analysis shows ry1 price-2 = 0.229 at significant level = 0.002 can be seen that ry1-2 less than the significance level is stated to be significant, the relative contribution of the Principal Leadership and effective contribution rate of 6,18% Principal Leadership

 

Keywords: employment compensation, discipline, teacher and principal leadership on teacher performance.


Referensi


Daftar Pustaka

Bambang Guritno dan Waridin (2005), Pengaruh Persepsi Guru Mengenai Perilaku Kepemimpinan Kepala Sekolah, Kepuasan Kerja, dan Motivasi Terhadap Kinerja. Yogyakarta Program Pasca Sarjana UNY

Dessler, Gary. (1997). Manajemen sumber daya manusia. Jakarta: PT Prenhalindo

Fuchan, Arief. (1982). Pengantar penelitian dalam pendidikan. Surabaya: Usaha Nasional

Handoko, T. Hani. (2000). Manajemen personalia dan sumber daya manusia. Yogyakarta: BPFE

Haryono, Anung. (1998). Analisis kebutuhan pelatihan/pembelajaran. Jakarta : Program Pasca sarjana UKI

Haryono (2009). Pengaruh Karakteristik Pekerjaan dan Kompensasi Terhadap Kinerja Pegawai Dengan Motivasi Kerja Sebagai Variabel Intervening. Yogyakarta Program Pasca Sarjana UNY

Hasibuan, Malayu S.P. (1997). Manajemen sumber daya manusia. , Jakarta: Gunung Agung.

Harian Kompas 4 Oktober 2008

Imron, Ali. (1995). Pembinaan guru di Indonesia. Jakarta : PT. Dunia Pustaka Jaya

Jurnal Pendidikan Penabur - No.04 / Th.IV/ Juli 2005 Kompensasi Kerja, Disiplin Kerja Guru dan Kinerja Guru SMP

Ludlow, Ron & Fergus, Panton. (1996). Komunikasi effektif, terjemahan Deddy Jacobus. Yogyakarta : Andi Offset

Lutfiah Nurlaela (2008:847-854) . Kinerja Guru Setelah Sertifikasi. Yogyakarta Program Pasca Sarjana UNY

Mangkunegara, A.A. Anwar Prabu. (2001). Manajemen sumber daya manusia perusahaan. Bandung: PT. Remaja Rosdakarya

Mulyasa (2004), “Kurikulum Berbasis Kompetensi Konsep, Karakteristik, dan Implementasi”, Cetakan keenam, Penerbit: PT Remaja Rosdakarya, Bandung.

Nasution, Sorimuda. (1986). Didaktik asas-asas mengajar. Bandung: Jemmars

Nawawi, H., Hadari. (1990). Administrasi personel : Untuk peningkatan produktivitas kerja. Jakarta : CV Haji Mas Agung

Newstrom W, John., dan Davis, Keith. (1997). Oraganizational Behavior : Human Behavior at Work. New Delhi : Mc. Graw-Hill Publishing Company Limited

Owens, Robert G. (1981). Second Edition, Organizational behavior in education. Engle Wood Cliffs New Yersey: Prentice Hall, Inc

Pidarta, M. (1999). Pemikiran tentang supervisi pendidikan. Jakarta : Bumi Aksara

Robbins, S.P. (1994). Essential of organizational behavior. New Jersey : Prentice Hall International, Inc.

Sasmoko. (2000). Metode penelitian. Jakarta: PPs UKI

Sedarmayanti. (2001). Sumber daya manusia dan produktivitas kerja. Bandung: C.V Mandar Maju

Sudjana. (1992). Metoda Statistika, edisi kelima. Bandung: Tarsito

Supeno, Hadi. (1995). Potret Guru, Pustaka Sinar Harapan, Jakarta.

Sugiono : 2000, Statisktik Untuk Penelitian, Alfa Beta, Bandung.

Suprihastuti Yuliningsih (2003) “Pengaruh Kepemimpinan, Motivasi, dan Disiplin kerja Terhadap Prestasi Kerja Guru di SLTP Negeri 2 Purwokerto”.

Tohardi, Ahmad. (2002). Pemahaman praktis manajemen sumber daya manusia. Bandung: Mandar Maju

Usman, Moh. Uzer. (1950). Menjadi guru profesional. Bandung: PT. Remaja Rosdakarya


Refbacks

  • Saat ini tidak ada refbacks.