ANALISIS KESULITAN BELAJAR SISWA KELAS III DI SEKOLAH DASAR MUHAMMADIYAH KEBUMEN TAHUN 2018/2019

Muara Putra Amrih Nugraheni

Sari


Abstrak: Kesulitan belajar adalah suatu ganguan yang dialami oleh siswa dalam belajar baik dari berbicara, menulis, mendengar, membaca dan kemampuan-kemampuan yang lainnya. Kesulitan belajar dalam penelitian ini yaitu fokus pada kesulitan belajar membaca. Kesulitan belajar membaca yaitu kesulitan yang merujuk pada anak yang tidak dapat membaca sekalipun penglihatan, pendengaran. Inteligensinya normal.

        Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui jenis kesulitan membaca serta faktor-faktor yang mempengaruhi kesulitan membaca siswa kelas III Sekolah Dasar Muhammadiyah kebumen.

       Penelitian ini merumuskan masalah apa jenis kesulian membaca yang dialami serta faktor-faktor yang mempengaruhi kesulitan belajar membaca siswa kelas III Sekolah Dasar  Muhammadiyah kebumen . Populasi penelitian ini adalah Seluruh siswa kelas III sekolah dasar muhammadiyah kebumen.Teknik pengumpulan data dengan menggunakan metode wawancara, dokumentasi serta triangulasi, dimana pedoman wawancara telah di validitas oleh ahlinya.

       Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa ada beberapa orang anak yang masih menggalami kesulitan belajar membaca. Dalam hal ini dipengaruhi oleh dua faktor yaitu faktor internal dan faktor eksternal, adapun faktor internal yang menyebabkan anak mengalami kesulitan belajar membaca ialah kurangnya minat dari diri siswa tersebut untuk belajar membaca sehingga mereka menjadi malas dalam membaca, sedangkan faktor eksternal yang mempengaruhi kesulitan membaca siswa dapat dikelompokkan kedalam tiga yaitu lingkungan keluarga, sekolah dan masyarakat.

      Dari hasil penelitian ini dapat disimpulkan bahwa kesulitan belajar yang banyak dialami oleh siswa kelas III sekolah dasar  muhammadiyah kebumen  ialah kesulitan belajar membaca, sedangkan faktor yang mempengaruhi kesulitan belajar membaca dapat digolongkan kedalam dua faktor yaitu faktor internal(dari dalam diri siswa) dan faktor eksternal(dari luar diri siswa)

 

Kata Kunci: Analisis, kesulitan belajar siswa, Sekolah Dasar  Muhammadiyah  Kebumen

 


Refbacks

  • Saat ini tidak ada refbacks.